Ternyata daya beli masyarakat gak terlalu parah-parah amat jebloknya. Terbukti selama 4 hari HARBOLNAS 2017 omset transaksi mencapai Rp.4,7 trilyun, luar biasa.
Suksesnya HARBOLNAS ini mungkin juga membuktikan adanya fenomena FOMO - Fear Of Mission Out telah terjadi di masyarakat Indonesia. FOMO adalah semacam mindset ketakutan akan ketinggalan mengkonsumsi sesuatu yang sedang trend. Perilaku latah konsumtif, membeli mumpung ada promo, bukan karena butuh.
Disisi lain HARBOLNAS menunjukkan juga bahwa pasar online atau e-commerce terus akan menjadi trend di tahun mendatang. Diperkirakan kontribusi transaksi e-commerce pada pasar retail di Indonesia naik menjadi 2% di tahun 2018.
Jadi sebenarnya kontribusi penjualan online di pasar retail masih jauh kontribusinya dibanding pasar offline. Sehingga pasar offline masih sangat menjanjikan prospeknya.
Namun perkembangan dunia saat ini berubah secara eksponensial. Kontribusi e-commerce yang 1-2% bisa jadi dalam beberapa tahun akan melonjak menjadi 10-15% bahkan lebih. Lalu apa yang perlu dilakukan bagi pelaku retail?
Saatnya di tahun 2018 pelaku bisnis menggunakan strategi OMNI - Online Offline Marketing Integration. Menggabungkan marketing online dan offline dalam bisnis modelnya.
Artinya yang sekarang ini berbasis bisnis offline (hanya punya toko/kios) maka segeralah membuka lapak online. Sebaliknya yang selamaini bisnisnya berbasis online maka perlu membuka showcase offline. Saat ini konsumen membutuhkan experience dan dan ada faktor emosional saat membeli. Dan hal ini hanya bisa didapatkan di toko offline Anda.
Bogor Trade Mall (BTM) jeli meihat perilaku konsumen ini. Sehingga pada Rabu (20 Des 2017) kemarin BTM memutuskan bekerjasama dengan Lazada menjalankan strategi OMNI ini.
Lazada memberikan lapak online khusus bagi 1000 UKM yang berada di BTM dan sebaliknya BTM memberikan penawaran khusus bagi pelapak online di Lazada untuk membuka lapak offline di BTM. Sekaligus mengkampanyekan Bulan Jualan Online Nasional - BUJONAS sepanjang Desember ini.
Bagaimana dengan bisnis Anda? Apakah Anda akan juga menjalankan strategi OMNI di tahun 2018?
Salam Sukses Penuh Berkah
Coach Rully Bhaskara
https://facebook.com/NahlaCoaching
Home
»
»Unlabelled
» Habis HARBOLNAS Terbitlah BUJONAS
Thursday, December 21, 2017
Recent Posts
4 Types of Customers
Berdasarkan perilakunya, ada 4 tipe customer yg bisa kita pilih dan miliki:Cheap Customer - pelangga...Read more
Menggunakan Strategi Impulsive Buying
Pernah membawa barang atau sesuatu yg sebelumnya belum pernah terpikirkan untuk di beli? ...Read more
2022 Tahun Digitalisasi UMKM Indonesia?
Akhir tahun 2020, menteri marives menargetkan 18,6 juta UMKM go digital pada tahun 2022. https:...Read more
6 Siasat Saat Harga Bahan Baku Meningkat
Harga bahan baku seringkali menjadi hal yang memungsingkan para pebisnis. Karena berdampak langsung ...Read more
Difabel Bikin Sebel
Bulan November menjadi bulan yang paling berbeda tahun ini. Dimana saya bersama tim dari Nahla Coach...Read more
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.