Di era milenials dan disruption ini, banyak
peluang dan kesempatan orang untuk membuka bisnis. Semakin banyak kemudahan
untuk memulai sebuah bisnis dengan adanya fasilitas social media dan jaringan
internet. Bisnis bisa dimulai kapan saja tanpa modal besar dan tempat yang
strategis. Semuanya serba online dan serba instant.
Namun apakah kondisi seperti ini tidak ada
kelemahannya?
Survey Bloomberg membuktikan bahwa di zaman
now ini, 8 dari 10 perusahaan/bisnis tutup dalam waktu hanya 18 bulan sejak
dibuka. Banyak bisnis mulai berguguran tidak mampu bertahan menghadapi kondisi
yang terus mengalami perubahan.
Berikut lima penyebab utama 8 dari 10
perusahaan tutup di era zaman now dan solusinya.
· Penyebab #1: Tidak benar-benar melakukan komunikasi
dengan pelanggan
melalui percakapan yang mendalam.
Kurang
dibangunnya pola komunikasi yang intim dan mendalam untuk mengetahui kebutuhan
pelanggan. Kata bijak menyatakan bahwa “Your customer holds the key to
your success deep in their pain, behavior, dreams, values and the jobs they are
trying to accomplish.”
Solusinya:
kita perlu mendengar apa yang menjadi “percakapan di pasar” yang dilakukan oleh
target pelanggan kita. Tidak cukup dengan hasil survey pelanggan yang membatasi
pendapat/pilihan jawaban. Kita perlu benar-benar melakuak dialog langsung
dengan pelanggan, bagaimanapun metoda dan jalur yang digunakan.
· Penyebab #2: Tidak ada diferensiasi/pembeda nyata di pasar (kurangnya unique value proposition)
Banyak
pebisnis yang bertarung di pasar, namun mereka tidak memiliki keunikan dan
value yang ditawarkan. Akibatnya terjadi kebisingan promosi dan kompetisi
harga. Lama kelamaan kondisi ini justru menjadi pembunuh bisnis yang diam-diam
namun pasti akan datang.
Solusinya:
kita perlu mencari metoda yang tepat dan efektif menemukan Value Proposition
agar produk kita Fit/Tepat dengan kebutuhan pelanggan dan pasar yang dituju.
Dengarkan apa tangisan dan harapan dari pelanggan, lalu sesuaikan produk Anda
dengannya. Tools kekinian yang mampu menjawab kebutuhan ini adalah Value
Proposition Design (VPD) dari Strategyzer Academy karya Alex Osterwalder’s .
· Penyebab #3: Kegagalan meng-komunikasikan value proposition dengan metoda
yang jelas, singkat,
dan menarik.
Banyak pebisnis bekerja keras untuk menemukan diferensiasi/pembeda. Namun kemudian gagal total karena mereka tidak mampu mengkomunikasikan pesan mereka dengan cara
yang jelas, ringkas, dan menarik. Pada akhirya diferensiasi produk/jasa yang
diupayakan manjadi sia-sia dan justru bumerang terhadap bisnis.
Solusinya:
seperti poin pada penyebab #1 di atas. Jika seorang pebisnis benar-benar
terlibat dalam percakapan (baca: dialog, bukan monolog), maka Anda akan belajar
bahasa pelanggan Anda. Jika mereka berbicara bahasa Rusia, maka tolong berhenti
mencoba berbicara bahasa Prancis kepada mereka. Dengarkan kata-kata yang mereka
gunakan dan kemudian gunakan kembali pada mereka. Lakukan ini melalui fokus
pada 3 poin berikut ini:
- Bersikaplah jelas
(pastikan pelanggan Anda mengetahui siapa Anda dan nilai apa yang Anda
bawa kepada mereka).
- Bersikaplah ringkas
(pastikan Anda cukup jelas dan ringkas dalam berdialog, jangan
bertele-tele).
- Bersikaplah menarik
(gunakan kata-kata yang menarik untuk meyakinkan pelanggan Anda mengambil
tindakan yang Anda inginkan dari mereka)
· Penyebab #4: Leadership dari
pucuk pimpinan yang kurang baik dan
tidak efektifnya
perencanaan bisnis yang dibuat. (tidak tereksekusi)
Saat ini banyak para pebisnis pemula bermunculan tanpa adanya
pengalaman berbisnis sebelumnya. Akkibatnya banyak bisnis tersabotase melalui pengambilan keputusan yang
sangat buruk dan ketrampilan leadership yang lemah.
Kondisi makin diperburuk dengan tanpa
adanya perencanaan bisnis yang praktis dan adaptif terhadap perubahan. Sehingga
rencana yang disusun (jika pun ada) tidak dapat dilakukan secara optimal oleh
seluruh tim kerja.
Solusinya: segeralah tersadar dan
terbangun. Anda adalah pendiri bisnis yang menjadikan Anda seorang
pemimpin/leader. Bukan soal hanya punya 1 orang atau 1000 tim kerja.
Jika Anda merasa kurang dalam kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain,
segera cari dan dapatkan keterampilan yang diperlukan untuk melakukannya.
Pebisnis yang berhasil, adalah yang
menghabiskan waktu dengan pengembangan pribadi. Pelajari ilmu-ilmu psikologi
dan self development. Perkuat diri dan bangun tim kerja pada bisnis.
Lalu buatlah perencanaan bisnis yang
praktis, simple dan mudah diaplikasikan. Ajak tim kerja untuk bersama-sama
menyusunnya. Dapatkan ide-ide kreatif dan segar dari tim. Anda tidak bisa
bekerja sendiri dalam menyusun rencana, libatkan tim dan dapatkan komitmen
mereka untuk menjalankan rencana tersebut. Gunakan tools perencanaan bisnis
kekinian yang telah terbukti mampu membuat bisnis bertumbuh.
· Penyebab #5: Ketidakmampuan menentukan model bisnis yang menguntungkan
dengan sumber aliran pendapatan yang terbukti efektif.
Pada akhirnya, inilah penghujung dari
penyebab kegagalan. Yaitu tidak mampu mencapai kecocokan antara produk dengan pasar secara akurat. Gagal menentukan model
bisnis yang tepat dan potensi sumber aliran pendapatan dengan kondisi pasar
yang disasar. Sehingga bisnis stagnan tanpa pertumbuhan. Bahkan terjadi
kemunduran dan akhirnya tutup.
Solusinya:
pebisnis harus bergerak cepat tanpa menghabiskan banyak uang untuk mencari tahu
apa resep rahasia kesuksesan mereka. Menggunakan tools manajemen kekinian
seperti Business Model Generation, SWOT analysis, Blue Ocean Strategy dan
sebagai dapat membantu Anda untuk mendapatkan bisnis model yang tepat.
Pikirkan
dan bergerak cepat, ‘gagal dengan cepat’ apabila memang Anda akan gagal lalu
segera bangkit, dan gunakan model bisnis Anda. Jika tidak, maka Anda akan
termasuk dalam golongan yang 80%.
Semoga
tidak.
---
Jika
hal ini Anda anggap penting bagi pertumbuhan tim dan bisnis, silahkan
diskusikan bersama kami. Dan temukan bagaimana metoda Coaching efektif bagi
Anda, tim dan bisnis mau berubah untuk perubahan yang lebih baik.
Hubungi
Nahla Coaching Firm (NCF) hotline WA 082.111.212.272 atau kunjungi laman
facebook kami @NahlaCoaching untuk mendapatkan satu jam FREE Coaching Session
untuk pertumbuhan pribadi, karir, bisnis dan perusahaan luar biasa tahun ini.
Salam
Sukses Penuh Keberkahan
Coach
Rully Bhaskara
Nahla
Coaching Firm
terimakasih ya, sangat membantu,,, semangat terus para calon orang sukses, kelak apa yang kalian raih akan sangat menginspirasi untuk orang lain :)
ReplyDeletesami-sami, saling menguatkan dan saling mengingatkan..
ReplyDelete