Friday, November 18, 2016

Secara fisiologis dan psikologis maka di dalam diri manusia terdapat 4 unsur yaitu Body, Mind, Heart dan Spirit.
Dari sudut pandang pengelolaan SDM, maka dari ke 4 unsur tersebut kemudian dapat digolongkan dalam 2 hal besar yaitu Body-Mind dan Heart-Spirit.

Body-Mind meliputi diantaranya Mindset, Knowledge, Skill, Communication, dan Managerial. Suatu hal yang bersifat nyata terlihat, logis, soal benar/salah, dan bersifat kuantitatif.
Heart-Spirit meliputi diantaranya Attitude, Capabilities, Belief, Value, dan Identity. Suatu hal yang bersifat semu, tak nampak, soal baik/buruk dan bersifat kualitatif.
Dalam pengelolaan SDM, 2 hal besar diatas memiliki perbedaan cara memperlakukannya (treatment). Berbeda pula metoda yang digunakan untuk mengoptimasi potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu yang berada dalam perusahaan.
Secara neurology maka Body-Mind merupakan wilayah otak kiri yang logis, terstruktur dan detail (content). Sehingga metoda yang tepat untuk mengoptimasinya adalah dengan pelatihan atau TRAINING dan CONSULTING.
Sedangkan Heart-Spirit merupakan wilayah otak kanan yang kreatif, acak, dan bersifat global (contextual). Metoda yang oaing tepat untuk mengoptimasinya dalah dengan pendampingan atau COACHING.
Body-Mind adalah soal pengeTAHUan dan keMAMPUan. Heart-Spirit adalah soal keSADARan dan keMAUan.
TAHU-SADAR dan MAMPU-MAU adalah sesuai yang harus selaras. Jika tidak, maka kinerja atau performance seseorang akan sulit berkembang dan bertumbuh.
Itu mengapa meskipun banyak pelatihan/training/sesi motivasi rutin diikuti oleh seseorang namun tidak berdampak pada perubahan yang signifikan. Sedangkan bagi perusahaan pelatihan/training membutuhkan biaya atau investasi, maka sangat disayangkan apabila tidak berdampak bukan?
Tahu dan mampu mengerjakan sesuatu, namun jika tidak didasari oleh kemauan dan kesadaran untuk melakukannya, maka tidak akan menimbulkan dampak yang diharapkan.
Sudahkah Anda dan tim kerja MAU dan MAMPU untuk mengoptimalkan kinerja menuju pertumbuhan perusahaan yang diharapkan?
Ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana menyusun Business Plan 2017 dengan Metodologi COACHING yang mampu menumbuhkan bisnis secara signifikan?
Just send me a text/whatsapp 082.111.212.272 and email to rullybhaskara@gmail.com
------
sumber foto : coachmargetty.com
https://www.linkedin.com/pulse/mau-dan-mampu-rully-bhaskara?trk=prof-post

0 comments:

Post a Comment