Friday, January 11, 2019


11 Januari hari ini, selain merupakan judul lagu legendaris Arman Maulana, juga pertanda sebelas hari kita telah menjalani awal tahun 2019 ini.

Bagaimana dengan plan dan strategi bisnis yg telah dibuat? Apakah sudah mulai dijalankan dgn baik dan terukur? Atau masih tertunda dengan berbagai alasan?

Jika memang pelaksanaan plan 2019 masih tertunda, maka hati-hati dengan fenomena January Effect, apakah itu?

Berbeda dengan pengertian January Effect di pasar modal. January Effect disini adalah kondisi dimana kita (dan tim) masih belum move on dari kondisi akhir tahun 2018 dan merasa akhir tahun 2019 masih jauh. Sehingga kondisi ini membuat kita (dan tim) sering kali lengah, malas dan akhirnya menunda apa yg sdh direncanakan. Selanjutnya kita tahulah apa yang akan terjadi.

Setahun memang bisa berarti 12 bulan, 52 minggu atau 365 hari. Jika dibandingkan dgn hari ini artinya kita masih di bulan pertama dari 12 bulan, minggu ke 2 dari 52 minggu dan hari ke 11 dari 365 hari. Apa yang kita rasakan dan pikiran bila hal ini yg kita bayangkan? Apakah kita dapat merasakan urgensi utk segera menjalankan plan... atau justru merasa santai karena merasa masih banyak waktu? Bayangkan jika karyawan tim kita juga memiliki perasaan dan pikiran yang sama..

Sebagai pemilik bisnis kita perlu memiliki sense of urgency dan sense of crisis. Agar kita selalu tersadar memantau dan take control terhadap target bisnis yang telah ditentukan bersama tim.

Maka solusinya adalah dengan mengakali mindset/pikiran kita (dan tim). Ubah target tahunan menjadi target 12 mingguan (atau 3 bulanan). Lanjutkan bagi menjadi target mingguan dan harian. Lakukan review pencapaian target setiap akhir periode 3 bulanan. 

Dengan membagi target menjadi lebih 'dekat' periodenya (target tahunan menjadi 3 bulanan), maka pikiran kita akan selalu sadar bahwa waktu tidak banyak yang tersedia untuk mencapai target. Review kinerja juga bisa dilakukan per 3 bulan bukan per tengah tahun atau setahun sekali. Sehingga ada waktu dan energi untuk memperbaiki area yang lemah dalam mencapai target.

Tim juga akan lebih semangat mencapai target yang seakan "lebih kecil" dan bisa celebrate/mensyukuri jika tercapai lebih cepat dan berulangkali. Semangat ini perlu dimiliki oleh tim, sehingga selalu bersemangat dan antusias menjalankan plan dalam mencapai target.

Semoga bermanfaat.

Salam Sukses Sehat Sejahtera Penuh Berkah

#coachingnotes #12weekyear #businesstarget #plantoaction



0 comments:

Post a Comment