Tuesday, January 7, 2020

Sering menjadi kelaziman bahwa setiap tahun baru, seseorang memiliki harapan baru, resolusi baru dan rencana baru yang akan dilakukan dalam tahun ini. Baik dalam hal karir, jenjang pendidikan, keuangan, hubungan dan sebagainya.

Namun berdasarkan survey internasional, lebih dari 70% orang menyerah/meninggalkan resolusi keuangannya dalam 6 bulan. Bahkan 21% orang menyerah dan tidak peduli lagi dengan resolusinya dalam waktu hanya 2 minggu, iya benar hanya dua minggu setelah tahun baru. Dan hal ini terulang setiap tahunnya, selama bertahun-tahun.

Cukup menakjubkan bukan? Lalu mengapa hal ini bisa terjadi?

Penyebab hal ini terjadi tidak lain tidak bukan karena 2 hal:
1. belum adanya keselarasan antara pola pikir (thinking), pola perilaku (being) dan pola aksi (doing)
2. adanya mental blocking pada belief system di otak tak sadar (sub conciousness).

Dua hal diatas saling berhubungan dan berdampak terhadap resolusi yang kita buat.

Penjelasan sederhananya adalah... apa yang kita ucapkan, rencanakan dan lakukan dalam resolusi ternyata masih dalam tataran aksi/fisik, dimaka sifatnya situsional. Agar istiqomah dan berkelanjutan maka kita perlu memiliki pemikiran yang "menyetujui" rencana resolusi yang kita ucapkan tersebut. Serta butuh perilaku yang menunjang dan menguatkan pribadi kita.

Misalkan pada resolusi 2020 kita sebutkan ingin hidup sehat dan sejahtera. Maka pikiran/pola pikir kita perlu mendukung dengan memberikan persetujuan tanpa keraguan bahwa hal itu akan terjadi dan bisa... lalu pola perilaku kita pun perlu berubah menjadi pribadi yang disiplin, rajin dan persisten... jika keselarasan ini terjadi maka insyaAllah resolusi kita akan terwujud.

kuncinya memang ada di pola pikir, jangan sampai ada mental blocking yang menjadikan kita ragu terhadap apa yang kita pikirkan dan lakukan... karena begitu ada sedikit keraguan, maka hal ini akan mensabotase pola pikir, pola perilaku dan pada akhirnya pola aksi kita dalam menjalankan rencana2 di tahun ini.


Dalam tubuh kita ada 4 unsur: Body, Mind, Heart, Spirit - dan masing-masing perlu treatment yang seimbang agar resolusi dan apapun yang kita inginkan bisa terwujud yang ijin Allah SWT.

Maka cek resolusi pribadi, resolusi keluarga, resolusi bisnis, resolusi tim kita... jika banyak yang belum terwujud selama ini, silahkan treatment 4 unsur diatas dengan metoda yang tepat dan benar.

Selamat Tahun Baru 2020
Salam Sukses Penuh Keberkahan.

Rully Bhaskara
Certified Business Coach

0 comments:

Post a Comment