Wednesday, June 3, 2020

Melanjutkan tulisan sebelumnya. Setelah kita sepakat bahwa perlu bagi pelaku UMKM untuk tetap beriklan di era pandemi dan new normal. Dan saluran yang tepat saat ini adalah dengan digital marketing. Lalu memahami pilihan beberapa media sosial yang tepat bagi UMKM untuk tetap beriklan meski kondisi finansial serba terbatas. Dan saatnya kita bahas konten apa yang efisien dan efektif dilakukan di era new normal ini.

Realitanya, pelaku UMKM tidak banyak yang memiliki aset digital. Mungkin karena sebelumnya terlalu sibuk di aktifitas operasional rutin, sehingga upaya dalam membangun aset digital tidak diprioritaskan. 



Aset digital yang dimaksud adalah aset yang dimiliki oleh seseorang atau sebuah usaha yang berbentuk digital. Beberapa contoh aset digital diantaranya adalah halaman web, landing page, nama domain, akun social media, digital video, podcast dsb. 

Lalu mengapa aset digital menjadi sangat penting di era new normal? Ya tidak lain karena kondisi tidak lagi memungkinkan kita bebas beraktifitas. Tidak lagi bisa bebas bertemu dan bertemu fisik dengan market. Dengan kebijakan physical distancing maka semua aktifitas dilakukan secara online atau digital.

Jika sebelumnya tidak terpikirkan, tidak ada waktu dan bukan prirotas. Maka inilah momentum yang tepat bagi para pelaku UMKM untuk mulai membangun aset digitalnya. Dimana dengan adanya aset digital yang berkualitas, bisa dijadikan konten marketing, promo dan iklan yang sangat efektif dan efisien. Tantangannya adalah kreatifitas dan kemauan untuk melakukannya dengan konsisten.

Setiap pelaku UMKM hampir pasti punya certa unik dan menarik dari setiap bisnis atau produknya. Nah, storytelling dibalik bisnis dan produk inilah yang menjadikan konten digital UMKM menjadi memiliki keunggulan

Cerita yang jujur, apa adanya dan lugas, menjadi selling poin dan mampu menarik perhatian target market untuk mau memilih suatu produk UMKM. Dan akan lebih powerful apabila yang melakukannya adalah ownernya lansung. Sehingga feelnya tersampaikan dengan metoda produksi konten yang baik. Yang akan beda efeknya jika disampaikan/diceritakan oleh tim atau orang lain. 

Menjadi “first in the mind” adalah penting di dunia digital. Inilah kunci saat kita akan membuat konten aset digital kita. Perlu kreatifitas untuk memilih sisi mana yang menarik dan belum pernah dibuat orang lain. Jadilah yang pertama maka konten kita akan stand out di ramainya dunia digital saat ini.


Itu mengapa pelaku UMKM perlu terus belajar dan mengaplikasikan apa yang sudah dipelajarinya. Karena konten digital yang menarik saat ini berbentuk video. Maka materi yang penting dipelajari adalah teknis dasar produksi video konten digital dan copywriting. Pelajari, aplikasikan dan kuasai 2 skill digital ini dan bangun aset digital bisnis Anda dengan konsisten.

Semoga bermanfaat.   

0 comments:

Post a Comment