Wednesday, November 3, 2021

Sejak kecil saya menyukai apapun yang berbau teknologi. Sampai akhirnya kuliahpun mengambil jurusan teknologi telekomunikasi. Sebuah jurusan yang memberikan kesempatan saya untuk berangkat studi banding ke Berkeley Univercity of California sekitar tahun 1995 lalu.

Seiring dengan perjalanan hidup, ternyata saya lebih menyukai dunia marketing yang lebih dinamis. Sehingga menjadikan saya banyak memperlajari ilmu marketing, sales dan branding. Dan profesi saya pun saat ini adalah sebagai seorang certified business coach. 

Faktanya dunia marketing saat erat hubungannya dengan teknologi, terutama teknologi digital dan internet. Terutama saat pandemi melanda dunia, dimana segala aspek kehidupan mengalami perubahan. Diantaranya adalah berpindahnya channel marketing dari offline ke online atau dari konvensional ke digital.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan kuat saya untuk memiliki Sertifikasi Digital Marketing. Selain menambah credential saya sebagai seorang business coach, juga sebagai updating ilmu kekinian yang saya ingin bagikan kepada para pelaku UMKM seluas-luasnya. 

Setelah mencari tahu bagaimana proses untuk mendapatkannya, akhirnya saya menemukan kelas sertifikasi dari TUW di Bandung,  tempat yang cukup kredibel yang menyelenggarakan sertifikasi digital marketing berlisensi resmi BNSP secara online. Sebuah solusi yang memudahkan kita disaat pandemi seperti ini.

Sesuai jadwal maka saya bersama sekitar 10 peserta lainnya mengikuti 9 hari pertemuan dengan pembahasan materi sebagai berikut:

1. Digital Marketing Framework
2. Audience & Competitor Analysis
3. Web & SEO Optimation
4. Google Digital Presence
5. Content Strategy
6. Creating Content Planning
7. Campaign Ads Strategy
8. Campaign Report & Analysis
9. Pre Assessment 

Disampaikan oleh para expert dan praktisi dibidangnya, saya mendapatkan banyak ilmu dan insight tentang digital marketing yang selama ini tidak saya dapatkan. Tentu sangat berguna jika lebih banyak pelaku bisnis bisa mengetahuinya serta mengalikasikannya.

Banyak pengalaman seru belajar bersama teman-teman baru. Ternyata jika punya kesamaan niat belajar, maka meskipun kita tidak pernah bertemu langsung, serasa cepat akrab. Terutama saat mulai kebingungan bersama mengerjakan tugas. 

Tak terasa akhirnya 9 hari pertemuan telah usai dan saatnya saya dan teman-teman lainnya mengerjakan tugas asesmen yang akan diperiksa dan menjadi referensi saat proses asesmen nanti. 

Proses asesmen dilakukan oleh asesor dari sebuah Lembaga Sertifikasi Profesi berlisensi BNSP yang bermitra dengan TUW secara online dengan prosedur yang berlaku.

Saat tulisan ini dibuat, saya sedang mempersiapkan tugas-tugas sebagai prasyarat mengikuti proses asesmen akhir pekan ini. Semoga seluruh peserta lancar dan lulus dalam proses asesmen serta resmi mendapatkan sertifikasi digital marketing. Aamiin



 

 


 

0 comments:

Post a Comment