Monday, March 10, 2014



Sehat apanya?
Memiliki tubuh sehat adalah dambaan bagi semua orang. Sehat itu mahal, karena tanpa sehat kita tidak bisa beraktifitas secara maksimal dan tentunya kehilangan momentum menjemput rejeki serta menebar manfaat. Apalagi kalau sampai sakit dan harus dirawat, beuh udah kebayang berapa rupiah yang harus keluar…semua demi supaya sehat kembali.

Namun apakah sehat cuma soal sehat badan? sehat fisik? Ternyata definisi SEHAT sebagai berikut:
  • menurut WHO, defisini SEHAT adalah suatu kondisi sejahtera jasmani rohani serta sosial ekonomi
  • menurut UU No.23,1992 tentang Kesehatan menyatakan bahwa,  kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Maka secara singkat SEHAT dapat didefisnisikan sebagai Sehat FISIK, Sehat FIKIR dan Sehat FINANSIAL (S3FI);

Sehat FISIK tentunya sudah kita ketahui bersama yaitu sehat secara badaniah, metabolisme tubuh selalu terjaga, organ dalam tubuh berfungsi baik, bentuk badan proporsional dsb. Sehat FISIK adalah tampilan atau casing kita yang terlihat jelas oleh orang lain, sehingga perubahan kondisi fisik dapat langsung dikenali seperti wajah pucat, dan badan lemas. Banyak cara mempertahankan agar tubuh Sehat, mulai dari memperbaiki cara makan, rutin berolahraga, merubah pola hidup dan sebagainya.

Sehat FIKIR berhubungan dengan kondisi Mental, Jiwa atau Fikiran yang dialami oleh seseorang. Gangguan pada sehat FIKIR meliputi kondisi psikis seperti marah, sedih, depresi, ketakutan, bosan, bersalah, kesepian dll. Secara tidak langsung kondisi psikis ini akan berimbas dan terlihat pada penampilan seseorang seperti menutup diri, suka menyendiri, phobia terhadap sesuatu hal, mudah emosi, antipati dan sebagainya. Banyak metoda untuk mendapatkan sehat FIKIR ini, diantaranya dengan dengan pendekatan spiritual, berdzikir, meditasi, konsultasi kepada psikolog sampai kepada terapi hipnotis untuk memprogram otak bawah sadar manusia agar bisa menerima suatu keadaan dan move on menjalani kehidupan.

Sehat FINANSIAL juga sangat dibutuhkan agar definisi Sehat dapat terpenuhi. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita hidup di dunia ini perlu nafkah (baca: UANG) untuk memenuhi segala kebutuhan hidup ini. Makan minum perlu uang, sekolah perlu uang, usaha perlu uang, berobat perlu uang, punya rumah perlu uang, sampai ke toilet umum pun perlu uang. Semuanya pelu uang untuk mendapatkan barang atau jasa yang kita perlukan. Jaman makin maju, pola hidup modern dan kapitalis semakin membuat hidup ini makin butuh uang. Tidak punya uang? ngutang aja, ada fasilitas kartu kredit, KTA, cicilan 0% dll. Luar biasa “kemudahan” yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan, namun sebenarnya BAHAYA besar mengintai.

Saat besar pasak daripada tiang, saat pengeluaran lebih besar dari pendapatan, maka HUTANG dan RIBA akan mulai MEMBELIT dan tak kan mudah seseorang akan terlepas begitu saja. Kondisi gali lubang nutup empang sudah sering terjadi yang akan membuat seseorang makin terpuruk finansialnya. Hal ini tentu sudah tidak dalam katagori sehat FINANSIAL dan tentu akan berimbas kepada perilaku seseorang, seperti suka menipu, tidak jujur, gampang ngemplang bayar hutang, gelisah, sampai kepada tindakan korupsi. Inilah penyakit bangsa ini, sedih kan?

Perlu adanya edukasi Finansial sejak dini, sejak anak-anak sudah harus tahu bagaimana cara dan mengolah uang. Bagaimana menentukan impian, cita-cita dan merencanakan bagaimana meraihnya. Memiiki karakter finansial yang mulia dan amanah perlu dibinakan sejak kecil sehingga akan terbawa hingga dewasa nanti. Kadang bukan gaji/pendapatan yang kurang, tapi gaya hidup kita yang berlebihan dan cenderung konsumtif. 

Ketiga komponen Sehat tersebut diatas saling berhubungan dan mengikat. Jika salah satu komponennya melemah maka akan cepat berimbas kepada kesehatan hakiki seseorang. Mau coba? eh jangan deh…

Maka marilah kita rencanakan dan upayakan mulai dari sekarang hidup Sehat, kebiasaan Sehat, makanan Sehat, mental Sehat, karakter Sehat, komunitas Sehat, pribadi Sehat, pola hidup Sehat;

Sehat FISIK, FIKIR dan FINANSIAL (S3FI).
Wallahualam

Yuk ngobrol Sehat Langsing Hebat, follow twitter saya @RullyBhaskara

0 comments:

Post a Comment