Friday, April 4, 2014


Dalam tahapan melakukan suatu perilaku maka dikenal 4 tahapan yaitu:
  1. Unconscious Incompetence
  2. Conscious Incompetence
  3. Conscious Competence
  4. Unconscious Competence 
Unconscious Incompetence adalah saat kita tak sadar akan sesuatu yang kita tidak mampu lakukan, misalnya seperti orang di pedalaman yang tidak sadar/tau ada gadget dan bagaimana cara menggunakannya. Dalam hal melangsing terjadi bila seseorang tidak sadar bahwa dirinya mulai atau sudah menggemuk dan oleh karenanya dia tidak mampu/tau cara melangsing.

Conscious Incompetence adalah saat kita mulai mengetahui akan sesuai yang kita tidak mampu melakukannya. Misalnya kita tau ada mobil, dan kita sadar kita tidak bisa untuk mengendarai mobil tersebut karena belum belajar. Dalam hal melangsing terjadi saat seseorang sudah mulai menyadari bahwa dirinya gemuk dan tau beberapa cara untuk melangsing, namun tidak punya kemampuan untuk melakukannya krn beberapa keterbatasan.

Conscious Competence adalah saat kita sadar dan baru saja mampu akan melakukan sesuatu, misalkan saat kita pertama-tama bisa mengendarai mobil, saat-saat masih konsentrasi penuh pada pedal gas, kopling, spion, setir dan kondisi jalanan. Dalam hal melangsing terjadi saat seseorang dengan sadar mulai melakukan diet atau mampu melakukan program pelangsingan dengan pengaturan pola makan dan pola hidup sehat.

Unconscious Competence adalah tahap yang disebut otopilot atau otomatis, dimana seseorang sudah melakukan sesuatu secara tak sadar. Misalkan setelah 2-3 tahun mampu menyetir mobil, maka saat ini saat menyetir mobil dilakukannya dengan menelpon, mengetik sms/bbm, atau sambil ngemil dan mendengarkan radio/TV di mobil. Dalam hal melangsing terjadi saat seseorang sudah terbiasa dan secara tak sadar melakukan pola hidup dan pola makan yang sehat serta melangsingkan. Seseorang sudah secara otomatis melakukan perilaku melangsing tanpa harus sadar sudah melakukannya, inilah yang disebut dengan Habit/Kebiasaan. 

Untuk dapat melangsing secara alami dan permanen maka Anda harus dapat mencapai tahap Unconscious Competence yang dapat dicapai lebih cepat dengan bantuan terapis atau coach yang mampu membantu Anda memprogram pikiran dengan berbagai metoda yang dimilikinya.

Salam langsing


0 comments:

Post a Comment