Monday, July 16, 2018


Bagaikan dalam sebuah lomba balap mobil F1, ada waktunya sang pembalap mengarahkan mobilnya ke arah pitstop untuk penggantian ban, isi bahan bakar, cek kondisi mesin dan sebagainya. Hal ini secara rutin dilakukan untuk memastikan kondisi mobil optimal sepanjang perlombaan sampai dengan garis finish menjadi pemenang.

Demikian pula perjalanan bisnis yang telah dimulai di awal tahun, maka perlu adanya waktu 'pitstop' untuk evaluasi kinerja bisnis di tengah tahun. Dengan tujuan untuk mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan selama kurun waktu setengah tahun perjalanan. Mengukur pencapaian dan pertumbuhan bisnis yang telah dicapai. Dan terutama untuk dapat menganalisa faktor hambatan terhadap pelaksanaan rencana aksi yang telah dilakukan.

Evaluasi kinerja bisnis tengah tahun menjadi penting dilakukan untuk memastikan roda bisnis konsisten berjalan pada rencana serta target yang telah ditetapkan. Kemudian dijadikan referensi dalam merumuskan rencana aksi sampai dengan akhir tahun berjalan.

Sebagai pemilik bisnis, Andalah sang pengemudi mobil F1 bisnis tersebut. Pertanyaan berikut ini perlu Anda renungkan:

• Sudahkan Anda tetapkan kapan saatnya untuk masuk pitstop dan apa saja yang perlu dipersiapkan?
• Instrumen/alat ukur apa saja yang perlu Anda ukur untuk mengetahui kondisi bisnis?
• Tools apa saja yang Anda perlukan saat akan melakukan evaluasi kinerja tengah tahun?
• Bagaimana Anda melakukan 'fine tuning' rencana aksi bisnis sampai dengan akhir tahun agar mencapai target yang telah ditetapkan?
• Siapa sajakah tim inti yang perlu Anda ajak dan bentuk dalam misi mencapai target pada akhir tahun ini? 

Jika hal ini menjadi penting bagi pertumbuhan bisnis Anda, maka berhentilah berfantasi, saatnya beraksi melakukan evaluasi, hari ini. Hubungi WA 082.111.212.272 untuk detail cara melakukannya.

Salam Sukses Penuh Keberkahan
Coach Rully Bhaskara

0 comments:

Post a Comment