Sunday, March 31, 2019


Di zaman now ini banyak bertebaran ide bisnis. Bisa kita dapatkan dari buku, media cetak, komunitas, sosmed dan media lainnya.

Ide bisnis memang bagus untuk memulai bisnis. Namun ide bisnis menjadi jebakan fatal apabila kita terlalu fokus pada produk/jasa yang akan kita jadikan bisnis. Banyak bisnis yang relatif baru dibuka menjadi redup dan akhirnya tutup. Ini terjadi karena bisnis berjalan tanpa plan/rencana atau disebut business plan.

Hal utama dalam business plan adalah penentuan customer segmen. Inilah yang jarang diperhitungkan saat memulai bisnis. Seringkali kalah dengan semangat action dan idealis pemilik bisnis. Sehingga bisnis berjalan tanpa perencanaan dan strategi yang mumpuni. Terutama strategi marketing untuk mendapatkan, mempertahankan dan menambah jumlah customer.

Jika bisnis ingin terus bertahan dan bertumbuh, maka saatnya pebisnis fokus pada market. Sehingga  lebih mengenal apa yang dibutuhkan customernya. Lalu menemukan value yang tepat sehingga bisnis selalu mampu memberikan offering/penawaran yang tak tertolak customer. Berapapun harganya, laris diantri customer.

Salam Sukses Penuh Berkah
coach Rully Bhaskara

0 comments:

Post a Comment