Monday, March 30, 2020

Saat ini kita sering mendengar tentang industri 4.0 yang sedang menjadi trending topic di beberapa instansi, sektor pemerintah, perusahaan swasta, pendidikan dan banyak lainnya. Namun apa sih yang dimaksud dengan era industri 4.0 tersebut? Jika ada 4.0 artinya ada versi 1.0 dan seterusnya dong?

Nah berikut simak penjelasan sederhananya:

Zaman Purba
Di awal kehidupan, manusia sangat menguasai kemampuan berburu dan mengumpulkan, serta memilik kehidupan yang selalu berpindah mengikuti sumber daya alam yang tersedia untuk menjalankan kehidupan. Masa ini berselang sekitar +150.000 tahun.

Industri 0.0
Pada masa ini manusia sudah memiliki keinginan kehidupan berkelompok dan menetap dalam sebuah wilayah, dan kemampuan yang mereka pelajari adalah tentang bagaimana bertani dan berladang untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka untuk makan dan barter kebutuhan pangan dengan kelompok lain. Masa ini bertahan dalam masa +2000 tahun.

Industri 1.0
Pada masa ini manusia sudah memahami pengetahuan membangun sebuah industri massal. Dengan penemuan Mesin Uap (James Watt, 1776) maka peralatan industri pun turut berkembang ke sektor transportasi, pertanian, pertambangan, perdagangan, alat produksi bahkan peralatan perang.
Pada masa ini manusia belajar teknik dan ilmu yang lebih mindful dan skillful untuk dapat menjalankan peralatan dan permesinan produksi, yang berkembang munculnya pekerja pabrik, pekerja galangan kapal, dan bidang teknik permesinan. Masa ini berlangsung dalam kurun waktu +100 tahun.

Industri 2.0 
Inilah awal masa Revolusi Industri dengan ditemukannya LISTRIK sebagai sumber energi. Produktivitas meningkat tajam, biaya produksi menurun tajam yang berakibat laba makin besar. Dalam masa ini profesi dan keahlian manusia meningkat lebih luas dalam hal teknik, riset, keuangan, pasar modal, bankir, ilmuwan, dosen dan pekerja yang memiliki pengetahuan lebih luas lagi.
Mindset, skillset dan toolset yang diperlukan manusia menjadi lebih luas, dan pada masa inilah tumbuh dan berkembang universitas sebagai awal mula industri pendidikan, pengetahuan dan informasi. Masa ini bertahan sekitar +50 tahun.

Industri 3.0
Adalah masa Elektrifikasi dunia industri ini yang mengembangkan pertumbuhan industri elektronik dan teknologi tinggi. Pada masa ini ditemukan transistor yang merupakan komponen utama komputer. Teknologi Komputer pada masa ini mengubah pola industri yang terkomputerisasi, dan dalam waktu singkat produktifitas meningkat drastis.
Manusia pada masa ini sangat mengembangkan manfaat komputerisasi di setiap dimensi kehidupannya. Perkembangan teknologi komunikasi dan internet secara langsung menumbuhkan industri teknologi, informasi, infrastruktur serat optik, seluler dan satelit. Manusia pada era ini sudah bisa terhubung ke bagian bumi lain dengan mudah dan cepat, bahkan bisa berinteraksi tanpa batas.
Masa inilah tantangan besar terhadap perubahan budaya dan perilaku terhadap pertumbuhan manusia dalam kehidupan, keluarga dan bisnis. Masa era ini hanya bertahan dalam kurun waktu di bawah 25 tahun.

Industri 4.0
Inilah era digital dengan karakteristik teknologi bergerak (mobile). Semua informasi, pengetahuan, dan teknologi ada dalam genggaman setiap orang. Perubahan besar terjadi dalam sendi kehidupan yang berhubungan dengan informasi, komunikasi, hiburan, keuangan, perdagangan, learning, kesehatan dan lainnya dapat diakses hanya dengan membuka SMARTphone canggih yang dimiliki manusia.
Oleh sebab itu di masa ini kecepatan dan kreatifitas dalam bisnis dan organisasi memegang peranan penting untuk dapat bertumbuh menuju masa depan. Masa ini berkembang hanya dalam kurun waktu di bawah 5 tahun.

Industri 5.0 
Inilah era yang akan kita hadapi ke depan dengan dimulainya teknologi AI (Artificial Inteligence), kecerdasan buatan yang mampu menirukan kecerdasan manusia dan membantu kegiatan operasional organisasi secara otomatis. Seperti pekerjaan reservasi restoran, salon, informasi perbankan dan lainnya dimana mesin AI ini mampu berkomunikasi selayaknya manusia.
Maka di era ini ketergantungan terhadap manusia menjadi sangat berkurang, khususnya untuk pekerjaan yang beresiko, bidang administrasi atau informasi. Masa ini akan kita hadapi hanya dalam hitungan beberapa tahun ke depan saja.

Perhatikan beberapa tahap perubahan Industri di atas,..

Manusia perlu menyiapkan Pola Pikir, Pola Tindak dan Pola Perilaku yang terus berkembang dalam upaya menyiapkan Mindset, Skillset dan Toolset yang dimilikinya dalam menghadapi perubahan kehidupan, bisnis dan organisasi yang sangat cepat berubah.

Learning Character dari setiap era pun berbeda,…
1. Industri 0.0 –> Tradisi
2. Industri 1.0 –> Produksi
3. Industri 2.0 –> Standarisasi
4. Industri 3.0 –> Spesialisasi
5. Industri 4.0 –> Kolaborasi
6. Industri 5.0 –> Distribusi

Perhatikan Pola Pembelajaran yang dilakukan dalam beradaptasi di era perubahan industri, hal tersebut akan membuat kita sebagai Pemimpin dalam bisnis dan organisasi, pun sebagai orang tua, dapat segera menyiapkan kelengkapan dan pendukung untuk cepat beradaptasi dalam perubahan jaman yang terjadi bagi anak, karyawan dan diri kita sendiri.

Kuncinya adalah kemampuan beradaptasi, kemauan melakukan perubahan dan terus mau belajar.

Ternyata era Industri 4.0 hanya akan bertahan maksimal 5 tahun saja, dan segera beralih ke era Industri 5.0 dalam waktu tak lama lagi. Kunci sukses di era Industri 4.0 adalah kecepatan eksekusi dan kreatifitas. Sudahkah pola belajar dan pola bisnis kita menyesuaikan dengan era ini?


Indonesia baru mempersiapkan menghadapi revolusi Industri 4.0 beberapa waktu belakangan. Kenyataannya, kita sebenarnya sdh mulai memasuki Industri 5.0

Bagi orang tua dan pendidik menjadi dilema, krn kita sedang mempersiapkan masa depan anak dan murid namun pada saat lulus, maka knowledge yang mereka dapatkan sdh expired krn zaman berkembang begitu cepatnya.

Namun kabar baiknya ada 10 skill/ketrampilan yang tidak pernah expired pada zaman apapun, yang bisa kita ajarkan pada anak dan murid serta diri kita sendiri, yaitu:

 - Tepat waktu
 - Etos kerja
 - Berusaha keras
 - Berpikiran positif
 - Bersemangat
 - Bisa diajari
 - Memiliki rencana
 - Berupaya ekstra
 - Menjadi pendukung
 - Menjadi orang baik

Saatnya kita persiapkan dengan baik sesuai dengan kemampuan dan cita-cita yang ingin dicapai dimasa depan.

Salam Sukses Penuh Keberkahan

Rully Bhaskara
Certified Business Coach
Business Owner Advisor

Nahla Coaching Firm

*sumber: coachmargetty.com

0 comments:

Post a Comment