Wednesday, November 4, 2020

Hati-hati melabel diri sbg pribadi perfeksionis, mengapa? Karena bisa jadi apa yg kita sebut sbg perfeksionis tsb adalah kedok kita dari rasa ketakutan yg berlebihan...

Ketakutan kalo dikerjakan orang lain kualitasnya tidak sebagus kalo saya kerjakan. Ketakutan kalo dibantu orang lain akan dicuri resepnya. Ketakutan kalo jika nanti dikomplain pelanggan. Dan ketakutan-ketakutan lainnya sehingga akhirnya kita melabel diri sebagai seorang perfeksionis...

Padahal bisa jadi hanyalah kedok kita agar terkesan unggul.. perfect... sempurna, dan kadang hanya alasan untuk menunda-nunda atau mengulur waktu.

Kenyataanya sikap perfeksionis dampaknya justru menghambat pertumbuhan bisnis dan pribadi. Bersikap perfeksionis justru akan menghabiskan energi, emosi dan waktu. 

Maka dikenal konsep TOTE - Test Operate Test Exit. Dimana kita lakukan saja pekerjaan, lakukan review dan uji coba kembali lalu selesai. Lanjutkan dengan pekerjaan lainnya. Lakukan seterusnya untuk semua rencana yang telah dibuat. Sehingga kita lebih bisa obyektif melihat hasil kerja setelah melihat hubungan dan sinergitas antara pekerjaan satu dengan lainnya.

Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas.


Salam sukses, sejahtera penuh keberkahan

Rully Bhaskara, Certified Business Coach


     

0 comments:

Post a Comment