Monday, March 9, 2015


Pada dasarnya rumus dasar untuk mendapatkan tubuh ideal (langsing) adalah dengan memperbaiki pola makan dan memperbanyak gerak badan. Logisnya adalah asupan dan keluaran harus seimbang. Bahkan kalau mau menurunkan berat badan maka keluaran harus lebih banyak dari asupan, tentunya dengan cara yang benar.

Asupan adalah semua yang masuk kedalam tubuh dalam hal ini adalah makanan yang kita makan. Harus disepakati dulu definisi makanan yaitu semua bentuk 'benda' yang  kita makan dan masukkan melalui mulut, terkecuali air putih. Atau selain air putih semuanya tergolong makanan. Jadi definisi makan bukan cuma kalo kita makan besar, nasi plus lauk pauk saja. Pisang goreng, roti bakar, permen, pudding, buah, es teler bahkan es teh dan kopi adalah termasuk makanan, karena semuanya mengandung kalori, sepakat?

Bicara soal metoda melangsing, coba tanya saja mbah google atau liat di rak toko buku, pasti buanyak judul dan metoda yang ditemukan dan hampir semua menyarankan untuk diet. Mulai dari diet mayo, diet golongan darah, diet karbo dan lain sebagainya, Ada juga yang menyarankan untuk mengkonsumsi makanan pengganti seperti suplemen yang rendah kalori yang juga berfungsi membakar lemak dan lain sebagainya. Bermacam metoda tersedia lalu metoda apa yang cocok untuk  diri kita?

Maka jawabannya adalah mulailah dari yang paling mudah dan paling nyaman, loh kok gitu? Bukan kah perlu usaha yang keras untuk mendapatkan tubuh yang ideal? Harus disiplin dan konsisten? Kalau mulai dari yang mudah dan nyaman kapan bisa sukses dan terlihat hasilnya?

Dalam hal mendapatkan tubuh yang ideal maka kita berurusan dengan 2 hal, yaitu tubuh dan pikiran. Dalam hal ini pikiranlah yang memiliki peran dominan. Apapun yang diputuskan oleh pikiran maka tubuh akan menyesuaikan. Sehingga treatment atau tindakan yang akan kita lakukan kepada tubuh harus 'seijin' pikiran kita. Jika pikiran kita 'tidak mengijinkan' atau 'tidak percaya' kepada tindakan tersebut maka yang terjadi pada tubuh adalah keletihan, kebosanan dan tidak konsisten melakukannya yang pada akhirnya terjadi kondisi 'yo-yo' kondisi berat badan yang naik dan turun seiring dengan naik turunnya motivasi.

Itu kenapa dalam memulai aktifitas yang berhubungan tubuh dan pikiran, maka mulai dari metoda yang paling mudah dan nyaman untuk dilakukan. Biasakan secara konsisten sehingga menimbulkan kebiasaan baru (habits). Setelah itu baru tingkatkan intensitasnya sesuai kemampuan, nikmati prosesnya.

Selain menjaga asupan makanan dan gerak badan, proses melangsing juga sangat terpengaruh oleh kondisi pikiran baik dalam keadaan sadar maupun pra-sadar (subconscious). Hal ini akan dibahas dikesempatan berikutnya.


Lalu metoda yang mudah dan nyaman seperti apa yang cocok dengan kepribadian kita?

Dalam konsep STIFIn dikenal 5 tipe mesin kecerdasan dan 9 tipe personaliti genetik. Dan berdasarkan tipe mesin kecerdasan maka dapat membantu kita dalam memilih metoda melangsing yang paling mudah dilakukan dan tentunya nyaman.

5 tipe mesin kecerdasan STIFIn adalah Sensing, Thinking, Intuitung, Feeling dan Insting. Mesin kecerdasan bersifat genetik namun tidak diturunkan (non heredity). Dengan mengetahui tipe mesin kecerdasan, akan memudahkan kita memahami jalan pikiran serta potensi yang kita miliki untuk selanjutnya diasah agar cemerlang dan menjadi pribadi yang ahli.  Tipe mesin kecerdasan juga akan menguak rahasia dalam memberikan memotivasi baik kepada diri sendiri maupun orang lain, paham jalur sekolah dan profesi yang tepat, serta pola pengasuhan (parenting) bahkan sampai cara melangsing yang efektif.

Kali ini saya akan memberikan tips singkat memulai aktifitas melangsing sesuai dengan tipe mesin kecerdasan.

Sensing: perbanyak gerak, latih otot dengan benar, sedikit cerewet pada detail makanan yang baik bagi tubuh akan cukup membantu menseleksi makanan, miliki teman sparring cukup efektif untuk memacu semangat dalam proses melangsing, tampil modis dengan memilih pakaian yang akan membuat orang tertarik akan penampilan Anda yang eksis, dan tentukan reward atau imbalan apa yang ingin Anda dapatkan jika mencapai kondisi tertentu,

Thinking: cari dan kumpulkan data dan informasi berhubungan dengan nutrisi dan gaya hidup sehat. kurangi pikiran negatif terhadap diri sendiri, bangun self esteem dan self image yang positif, buatlah pola atas progress melangsing agar mudah termonitor, menggunakan alat bantu dengan aplikasi komputer/gadget akan sangat efektif, salurkan stress dengan mendekat ke alam, pelihara ternak atau hewan piaraan, bercocok tanam atau sekedar jalan-jalan di jalan yang rimbun, perbaiki pola pikir dengan referensi yang akurat dan masuk akal.

Intuiting: bayangkan tubuh langsing seperti apa yang diimpikan, pelajari metoda-metoda baru dan gabungkan dengan ide/pemahaman Anda, kendalikan nafsu makan yang berlebih, imbangin dengan menciptakan ide dalam berkarya, berpuasa rutin akan membantu Anda lebih kreatif dan membersihkan saluran pada usus yang secara genetic lebih panjang dari tipe mesin kecerdasan lainnya, ganti suasana kamar, rumah atau meja kerja sehingga tidak monoton dan memberikan nuansa dinamis yang sangat berguna dalam menstimuli ide agar tidak buntu dan akhirnya mencari makanan sebagai pelampiasan.

Feeling: cari dan gabung di komunitas langsing atau komunitas positif lainnya, dengarkan kisah-kisah orang yang berhasil, ambil metoda yang paling cocok dan berbagilah pengalaman anda (sharing is caring), ajak dan motivasi orang-orang sekitar/terdekat untuk hidup sehat, aktif berbicara dan mendengar adalah cara efektif dalam berbagi pengalaman serta menjaga motivasi yang kadang kendur dalam progress melangsing, hindari bad mood dan kondisi sepi, cari teman curhat dan diskusikan apapun yang sedang Anda rasakan.

Insting: paduan semua tipe diatas, libatkan diri pada kegiatan sosial, perbanyak berbagi energi positif dengan beraktifitas sosial dan tingkatkan spiritualitas, kendalikan emosi dan alihkan dalam bentuk positif misalkan seni dan olahraga yang menantang, fokus dan berikan target yang terukur untuk diri sendiri, jangan lupa meminta bantuan orang sekitar untuk memantau dan memberikan feedback.

Awali dengan yang mudah dan nyaman, tingkatkan intensitas, lakukan secara konsisten sehingga muncul kebiasaan baru.

(bersambung)

*kutipan dari materi Langsing berbasis STIFIn



0 comments:

Post a Comment