Tuesday, December 7, 2021

Berdasarkan perilakunya, ada 4 tipe customer yg bisa kita pilih dan miliki:

Cheap Customer - pelanggan yg beli krn harga murah, dan mrk mudah sekali berpaling saat ada yg lebih murah.

Difficult Customer - pelanggan selalu mengeluh, apapun dikeluhkan dan sulit utk dipuaskan, shg menghabiskan energi dan menguras emosi.

Educated Customer - pelanggan sdh paham apa yg mrk butuhkan, sdh punya perbandingan dan butuh waktu utk mempertimbangkan.

Affluent Customer - pelanggan yg membeli krn faktor emosional, tdk sensitif tdp harga yg penting sisi emosionalnya terpenuhi.

Secara tak sadar (unconcious) pelaku bisnis UMKM cenderung "menarik" tipe customer kuadran kiri, itu mengapa pelaku UMKM mudah terjebak dlm perang harga.

Hal ini terjadi bukan tanpa sebab. Selain krn tidak butuh strategi/effort yg luar biasa utk mendatangkan tipe customer kuadran kiri, dibandingkan kuadran kanan. Juga krn disini berlaku hukum mirroring.

Pelaku UMKM yg byk memiliki tipe customer di kuadran kiri, cenderung dirinya juga suka mencari produk yg murah-murah, suka nawar kebangetan, dan suka ingin dpt lebih (demanding).😁

Bagaimana bisa percaya diri menjual dgn harga tinggi, jika kita sendiri tdk pernah membeli produk yg berharga tinggi. Bagaimana kita bisa menghargai effort dibelakang produk/jasa yg berkualitas tinggi, jika kita sendiri suka menawar kebangetan.😊

Disinilah hukum mirorring atau cermin terjadi di otak bawah sadar kita.

Sebaliknya mendatangkan customer di kuadran kanan butuh effort dan pikiran kreatif untuk dapat memikat mereka.

Butuh kemauan dan kemampuan untuk memahami perilaku dan masalah yang customer hadapi. Selanjut kita tawarkan solusi yg tepat. Dan ini butuh strategi dan effort lebih bukan? 👌

Pada akhirnya kembali ke pilihan masing-masing. Apakah kita nyaman dan masih mau memiliki customer di kuadran kiri walaupun menguras energi dan membuat bisnis sulit bertumbuh?

Atau sudah saatnya berbisnis dgn customer di kuadran kanan. Customer yg teredukasi, cerdas dan berkelimpahan serta memiki trust kpd bisnis kita.

Wallahualam 🙏

Bagaimana menurut Anda? silahkan kasih komen di bawah ya gaess...

#customer #marketing #selling #branding #mindset #UMKM #wirausaha #berkelimpahan
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment