Thursday, May 22, 2014


Hehe.. jangan salah sangka dulu dengan judul ceritaku ini ya. Istriku suka dengan mas-mas maksudnya suka dengan emas, baik emas perhiasan maupun emas batangan.
Sejak kami pacaran sekitar 17tahun yang lalu ada kebiasaan istriku selalu membeli emas tiap kali punya duit lebih seperti pas ada bonus dari kantornya atau pas ada sisa THR. Istriku hobi sekali ke melawai plaza di blok M untuk hunting emas.
Saat ini itu jujur aku gak begitu ngerti buat apa istriku membeli emas-emas itu selain memang untuk dipake. Dulu saya berfikir kenapa uang lebihan harus dibelikan emas kenapa gak ditabung saja.
Tapi ternyata koleksi emas-emas istriku itu yang menyelamatkan kami beberapa tahun belakangan ini dan aku baru tahu alasan istriku membeli dan mengumpulkan emas sejak dulu.
Emas ternyata  sangat likuid, sangat mudah dijadikan uang tunai saat dibutuhkan dengan menjualnya. Dan apabila ada kenaikan harga emas, tentu kita pun mendapatkan keuntungan, misal waktu beli dulu harga emas 300 ribu/gram dan saat jual harganya 500 ribu/jam maka kita untung 200 gram, tinggal kalikan berapa gram emas yang akan kita jual/gadaikan, lumayan kan?
Selain dijual ada juga pilihan untuk gadai emas, kelebihan gadai adalah kita masih ‘punya kesempatan’ untuk memiliki emas kita kembali dengan mencicil balik. Jadi kita tidak kehilangan fisik emas yang telah kita miliki. Dan lagi pula nilai tunai emas apabila digadaikan bisa mencapai 90% jadi menurut saya lebih menguntungkan daripada kita menjualnya.
Beberapa tahun ini kami memiliki usaha yang memerlukan tambahan modal, dan dari menggadaikan emas-emas istriku lah dana untuk modal usaha itu kita dapatkan. Profit dari usaha yang dilakukan kami sisihkan untuk membayar cicilan emas, sehingga emas-emas itu “lulus sekolah” dan bisa kami dapatkan kembali.
Ternyata membeli emas sama saja dengan mempertahankan nilai harta kita loh, karena dalam jangka waktu panjang nilai emas akan tetap dibanding nilai uang yang terus menurun seiring dengan besarnya inflasi tiap tahunnya.
Masih banyak keuntungan dari mengumpulkan emas, karena ternyata membeli emas sebenarnya mengkonversi uang cash kita jadi bukan sekedar membeli barang yang akan hilang nilai ekonomisnya.
So, mulailah sedikit demi sedikit mengumpulkan emas, utamakan membeli LM Logam Mulia batangan dengan pecahan gram yang kecil 3 atau 5 gram. Saat ini pun ada fasilitas cicilan untuk membeli LM, mulai dari cicilan 300 ribu per bulan sudah dapat memiliki LM bersertifikat Antam, cukup terjangkau kan. Dan satu lagi jangan pernah menjual emas, gadaikan saja dan dapatkan kembali emas Anda.
Selamat mencoba, hati-hati kecanduan emas ya J

0 comments:

Post a Comment