Thursday, May 1, 2014

 
Mayday atau 1 Mei diperingati sebagai hari buruh sedunia dan mulai tahun ini pemerintah memutuskan hari buruh ditetapkan sebagai hari libur nasional.
Istilah buruh terkesan kurang arif dan merendahkan, sedangkan kata karyawan, pekerja dan mitra kerja lebih cantik dan elegan.Rasululllah SAW bersabda "Bayarkanlah upah pekerja kalian sebelum kering keringatnya". Sebenarnya pesan ini untuk dua pihak, bagi pekerja dan bagi sang pemberi kerja, namun sementara ini kita memaknai hadis ini sebagai pesan untuk manajemen saja agar bayar gaji tepat waktu.
Benar itu adalah pesan pertama agar setiap pihak yg mempekerjakan orang lain agar bayar remunerasi (gaji) on time, namun ternyata ada pesan kedua yang tidak kalah pentingnya yaitu pekerja harus berkeringat. Berkeringat adalah simbol dari kerja keras sungguh sungguh dan menjalankan tugas dengan sebaik mungkin tidak bermalas-malasan. Subhanallah sungguh luar biasa jika pekerja bekerja dengan sungguh-sungguh produktif dan majikan membayar upah dengan cepat dan ontime.
Rasulullah SAW menegaskan "jika engkau mempekerjakan pekerja hendaklah engkau jelaskan apa kerjanya dan berapa upahnya". Hadis ini pesan penting untuk adanya hubungan kontraktual yang saling menguntungkan, karena kita saling membutuhkan. Pekerja perlu lapangan pekerjaan dan majikan perlu karyawan. Pemerintah juga memerlukan pajak untuk gaji PNS dan membangun infrastruktur.
Rasulullah SAW juga berpesan "bantulah pekerjamu, jangan bebankan kepada mereka sesuatu yg diluar kemampuannya". Membantu pekerja bukan hanya dengan memberikan remunerasi (upah) yang baik tetapi juga dengan membangun karakter dan kompetensi pekerja.

Wallahualam.

*disadur dari kultwit @SyafiiAntonio

0 comments:

Post a Comment