Tuesday, May 6, 2014

Pagi ini seperti biasa diawali dengan saling sapa di sosial media dan group whatsapp/bbm. Lagi-lagi di group alumni SMA pembicaraan seru seputar topik makan dan kebiasaan makan, setelah saya provokasi dengan tagline: eat less move more, love food stay slim...

"Harusnya eat enough dong, bukan less..." komentar salah satu member group.

Lalu disambung seorang teman lainnya yang memberikan info adanya event acara komunitas makanan organik, jadi bisa tetap sehat meski banyak makan dengan makanan organik.

"Masakan padang sehat loh..." celetuk seorang teman yang menceritakan soal masakan padang yang menurutnya menyehatkan, buktinya kedua orangtuanya yang memang orang minang sering memasak dan makan gulai padang dan tetap sehat sampai usia tua. Hindari jajanan yang manis-manis tambahnya.

Ada juga yang sedang sarapan di mobil dalam perjalanan ke kantor, tipikal esmud di kota Jakarta, mengatakan "...less atau much pastinya enough for me. Love food stay slim.."

Dari obrolan seru diatas sebenarnya ada poin penting sebagai kesimpulan:

1. Untuk mendapatkan kesehatan tubuh maka perlu dicermati pola makan yang sehat.

2. Makanlah untuk hidup, BUKAN hidup untuk makan, alias makan secukupnya jangan berlebihan. Eating less is better than eating much (over eating).

3. TIDAK ADA makanan yang jahat/buruk, yang ada adalah pola makan kita yang sembarangan menurut nafsu, akibatnya kondisi tubuh kita menjadi tidak seimbang, malas bergerak sehingga terjadi penumpukan lemak dan rentan terhadap penyakit.

4. Makanlah penuh kesadaran (mindfull), kebiasaan ngemil, lapar mata dan kecanduan sebuah makanan adalah penyebab over eating dan pada akhirnya menjadi over weight. Cintailah makanan yang sehat dan secukupnya, raih tubuh langsing dan sehat dengan sendirinya.

Semoga bermanfaat, wallahualam.


*follow twitter saya @RullyBhaskara

0 comments:

Post a Comment