Saturday, April 4, 2015


Akrab dan terbiasa dengan suasana seperti foto diatas? ya betul, itulah suasana di salah satu event job fair atau pameran lowongan pekerjaan yang biasa digelar di kota-kota besar.

Dulu sih acara seperti itu sih gratis, tapi sekarang ada event yang berbayar dengan beberapa benefit yang diberikan. Bayangkan Anda harus membayar untuk mencari orang/perusahaan yang akan membayar Anda, luar biasa kan?

Namun bukan itu topiknya kali ini. Ada yang lebih menarik, yaitu niat mayoritas pengunjung event job fair itu, kira-kira apa ya? Cari pekerjaan baru karena baru lulus sekolah? Cari kantor baru, pengen pindah dari kantor lama? Sekedar liat-liat lowongan dan update standar gaji yang diberikan? atau iseng pengen cari temen baru? Apapun alasan dan motivasinya pasti ada hal yang utama dan common, yaitu CARI GAJI, ngaku deh...

Ya emang sih, ujung-ujungnya bekerja adalah terima gaji. Cari kerjaan yang gajinya lebih tinggi menjadi salah satu motivasi pekerja untuk berpindah-pindah pekerjaan. Bahkan kalo sudah pengalaman diatas 3-5 tahun, seorang pekerja mempunyai position bargaining yang cukup lumayan untuk dapat menentukan gaji yang diinginkan di perusahaan yang akan dimasukinya, hebat kan?

So sebenarnya, yang dicari tuh PEKERJAAN atau GAJI sih? Jujur kalo yang dicari pekerjaan, maka banyak sekali yang bisa dilakukan. Mulai dari jari pengusaha, sampai menjadi profesional. Pekerjaan di kantor satu dengan di kantor lain ya kira-kira 11-12 lah, bedanya cuma gaji dan tunjangannya yang membuat Anda memutuskan pindah kantor.

Emang sih ada beberapa pertimbangan lain, seperti image perusahaan, jaminan kesehatan, dan lokasi pekerjaan yang menjadi pertimbangan pekerja untuk memilih suatu pekerjaan, tapi ya ujung-ujungnya GAJI.

Event Job Fair mungkin sudah saatnya berganti menjadi Salary Fair karena memang itu yang menjadi alasan orang untuk mencari pekerjaan saat ini.

Wallahualam.

#Yuk cuit-cuitan di twitter, follow @RullyBhaskara

0 comments:

Post a Comment