Thursday, March 2, 2017

Tahukah Anda, bahwa seringkali yang membuat bisnis tidak tumbuh dan berkembang karena adanya SABOTASE. Dan kabar buruknya pelaku SABOTASE bisnis tersebut bukan eksternal, melainkan dari internal, mulai dari staf, manager sampai dengan owner... serem gak sih?

Ya, Anda tidak salah baca. Seringkali Anda dan tim bisnis Anda sendirilah yang melakukan SABOTASE terhadap Bisnis. Mengapa bisa demikian? 

Faktanya terdapat sirkulasi proses bisnis yaitu:
Owner >> Team >> System >> Business

Owner bertugas membentuk Team.
Team bertugas menjalankan System yang telah disediakan.
System yang akan menjalankan Business.
Business akan menghasilkan benefit/profit kepada Owner.
... demikianlah seterusnya terjadi sirkulasi proses dalam bisnis.

SABOTASE terjadi apabila TEAM tidak mau/segan/malas menjalakan SYSTEM dan maunya langsung menjalankan BUSINESS. Contoh: sudah ada system stock dan laporan keuangan dengan terintegrasi, namun staf malas menginput data pada SYSTEM, lebih suka manual dengan kertas dan pulpen. Kadang juga lupa mencatat. Akibatnya maka seringkali stock barang rancu dan laporan keuangan tidak klop.

Owner juga bisa melakukan SABOTASE dengan terlalu ikut campur dalam operasional, ikut sibuk dengan penjualan tanpa mengikutsertakan TEAM dan mengabaikan SYSTEM. Pembayaran mampir ke kantong/rekening Owner, lupa dicatat dan terkapai untuk keperluan pribadi. Sehingga terjadi pencampuran uang bisnis dan pribadi.

Jika SABOTASE pada bisnis ini terus menerus terjadi, maka akan terjadi FRAUD dan ketidakjelasan pada bisnis. Anda sebagai owner tidak dapat lagi memiliki alat ukur yang jelas apakah bisnis tumbuh atau stagnan secara real. 

Satu lagi, alasan staf/team sering men-SABOTASE SYSTEM atau tidak mau menjalankan SYSTEM yaitu khawatir ketauan kalo sedang melakukan kecurangan :) 

System failed bukan karena aplikasinya buruk atau programnya error, bukan juga karena team TIDAK MAMPU melakukannya. Namun lebih karena KESADARAN & KETIDAKMAUAN dari People (Team/Owner) untuk menjalankannya. 

Nah... apakah team Anda salah satu pelaku SABOTASE pada bisnis? atau Anda sendiri sebagai Owner justru pelakunya? 

Jika Ya, maka hanya ada satu pertanyaan: "Mau sampai kapan?"

Jika Anda butuh pendampingan dalam men-SISTEMASI BISNIS dan menumbuhkan KESADARAN team dalam menjalankan sistem, silahkan hubungi kami via email nahlacoaching@gmail.com 

Salam Sukses Penuh Keberkahan
Coach Rully Bhaskara
Nahla Coaching Firm​

0 comments:

Post a Comment