Monday, January 8, 2018


Wira” berarti utama, gagah, luhur, berani, teladan, atau pejuang. “Swa” berarti sendiri. “Sta” berarti berdiri. Maka “Swasta” berarti berdiri di atas kaki sendiri atau dengan kata lain berdiri di atas kemampua sendiri. Sehingga “wiraswasta” berarti pejuang yang gagah, luhur, berani dan pantas menjadi teladan dalam bidang usaha. Atau bisa juga wiraswasta berarti suatu keberanian untuk memulai suatu usaha baru dalam memenuhi kebutuhan dengan cara memecahkan permasalahan hidup melalui kekuatan yang ada pada diri sendiri.

Wirausaha merupakan penggabungan dua kata menjadi satu, yaitu “Wira” disini berarti pahlawan, laki-laki, jantan, perwira. “Usaha” artinya kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran dan badan untuk mencapai suatu maksud. Usaha juga bisa berarti pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu.Sehingga wirausaha berarti pahlawan yang melakukan segala upaya dengan tenaga, pikiran dan badannya untuk mencapai suatu maksud.

Entreprenuer berasal dari bahasa Perancis. Lalu diterjemahkan ke bahasa Inggris yang berarti between taker atau go-between atau to undertake (mengambil). Kemudian diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat guna mencapai sukses yang diharapkan.

Sedangkan istilah UKM sebenarnya untuk menggolongkan dan membedakan skala bisnis. Dimana hal ini berkaitan dengan hak dan kewajiban khusus berkaitan dengan legalitas status perusahaan dan besaran pajak yang harus dibayarkan ke pemerintah. UKM kependekan dari Usaha Kecil dan Menengah. Ada juga UMKM dengab menambahkan katagori Mikro. Sehingga katagori skala bisnis adalah Mikro, Kecil dan Menengah. Perbedaan utamanya adalah dari nilai aset yang dimiliki. Silahkan “googling” perbedaan katagori skala bisnis UMKM ini.

Nah, ternyata masing-masing kata ada perbedaan arti dan maknanya. Kadang kita mengambil pengertian yang umum atau lazim digunakan oleh masyarakat. Namun ternyata kadang tidak tepat arti dan penggunaannya. Saatnya kita perlu jeli dan cari makna yang sebenarnya, wallahualam.

Lalu mana sebutan yang tepat menggambarkan diri Anda sebagai pemilik bisnis?

Salam Sukses Penuh Berkah
Coach Rully Bhaskara

*sumber: UKM Naik Kelas - Joko Priyono & Husin Syarbini

----- 

Hubungi Nahla Coaching Firm (NCF) hotline WA 082.111.212.272 untuk mendapatkan satu jam FREE Coaching Session untuk pertumbuhan pribadi, karir, bisnis dan perusahaan luar biasa tahun ini.


https://facebook.com/NahlaCoaching

2 comments:

  1. Tembak Ikan JOKER dengan Tingkat kemenanggan tertinggi mari bergabung bersama kami di Winning303
    Banyak Bonus menanti anda....

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    ReplyDelete
  2. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete