Thursday, February 15, 2018

Manusia diberikan karunia 3 belahan otak, yaitu otak Mamalia, otak Insani dan otak Reptilia. Masing-masing belahan otak ada fungsinya.



Belahan otak mamalia membuat kita memiliki perilaku spt mamalia, yaitu makan dan reproduksi. Otak inilah yg membuat kita memiliki nafsu. Terbayang kan bgmn jika kita tidak memiliki fungsi otak mamalia ini?


Belahan otak Insani berfungsi sebagai pusat pemikiran, ide dan akal. Fungsi belahan otak inilah yg membedakan manusia dengan binatang. Disinilah peradaban manusia bersumber dan terus berkembang sesuai dgn kemampuan manusia mengoptimalkan otak insani nya.


Belahan otak Reptilia, berfungsi sebagai unit reaksi cepat atau pusat reflekals. Fungsi ini sangat diperlukan manusia utk merespon suatu kondisi secara spontan dan cepat dalam mempertahankan keselamatan. Tindakan fungsi otak ini hanya 2 yaitu Fight or Run. Hadapi masalah atau lari menghindar menyelamatkan diri.


Otak Reptilia juga berhubungan dengan perasaan aman atau secure. Itulah mengapa pada dasar manusia ingin merasa aman  dan cenderung cari selamat.


Mungkin inilah alasan mengapa banyak yg memilih bekerja sebagai karyawan. Karena mmg secara naluri kita ingin sesuatu yg aman dan pasti, pasti dapat gaji bulanan. Dan mendapatkan segala fasilitas dan tunjangan yg tersedia sbg seorang karyawan.


Jika pun seorang karyawan memiliki bisnis sampingan atau sering disebut hidup di 'dua alam' maka status karyawan sulit/berat utk ditinggalkan. Kecuali sdh ada kepastian bisnisnya lebih menjanjikan drpd hasil yg didapat dari status karyawannya.


Maka tidak ada yg salah, jika kita memilih tetap jadi karyawan atau berubah menjadi seorang pebisnis sejati. Semuanya krn otak kita berfungsi dgn baik. Alhamdulillah.


Wallahualam.



----- 

Hubungi Nahla Coaching Firm (NCF) hotline WA 082.111.212.272 untuk mendapatkan satu jam FREE Coaching Session untuk pertumbuhan pribadi, karir, bisnis dan perusahaan luar biasa tahun ini.

https://facebook.com/NahlaCoaching

0 comments:

Post a Comment