Tuesday, October 23, 2018


Pada akhir dan awal tahun sudah menjadi kelaziman bagi sebuah perusahaan dan organisasi akan melakukan perencanaan. Menentukan target, strategi dan langkah aksi  adalah hal utama yang tercantum dalam sebuah perencanaan bisnis.

Terkesan bahwa aktifitas perencanaan memerlukan effort dan energi yang luar biasa. Biaya yang tidak sedikit dan waktu khusus yang perlu diluangkan untuk menyusun perencanaan.

Namun sebenarnya perencanaan adalah sebuah hal yang mudah dilakukan jika kita paham apa fungsi dan esensi dari perencanaan.

Fungsi perencanaan adalah untuk pengendalian atau kontrol terhadap proses yang perlu dilakukan dalam upaya mencapai hasil. Jadi sebenarnya perencanaan adalah untuk kontrol diri masing-masing personil dalam sebuah perusahaan/organisasi.

Maka sebagai pemilik bisnis atau pimpinan organisasi, cukup mengarahkan agar setiap personil tim membuat rencana untuk dirinya sendiri, rencana untuk unit kecilnya sendiri. Lalu gabungkan dan sinergikan rencana - rencana pribadi/unit terkecil tersebut menjadi kumpulan rencana bisnis. 

Sebagai leader Anda cukup memberikan tujuan/goals yang dicapai bersama. Lalu berikan framework dan format  template rencana bisnis. Sehingga lebih mudah bagi Anda untuk menggabungkan rencana antar divisi, unit dan divisi yang ada.

Buatlah rencana untuk diri sendiri, unit terkecil dari masing-masing tim, sebagai alat ukur dan alat kontrol diri. Gabungkan dan sinergikan dengan menyusun 4x90 days plan. Lalu buat rencana bulanan, fokus mingguan dan to do list harian. 

Mudah bukan? 
Sukses itu direncanakan bukan ditunggu. 

#BisaBikinPlan
#2019LebihBaik
#PlanCheckDoAction

0 comments:

Post a Comment