Thursday, October 11, 2018


FACTS
Sebuah bisnis dibangun tentu dengan niat agar dapat bertahan dan bertumbuh sehingga meraih kesuksesan yang diharapkan. Namun seringkali bisnis berjalan tanpa ada rencana, aktifitas rutin mengalir begitu saja tanpa tujuan yang jelas. Sehingga bisnis rentan dalam menghadapi kondisi perubahan zaman sangat cepat terjadi.

Para pebisnis dan Leaders terlalu sibuk dengan rutinitas yang bersifat teknis dan operasional. Namun seringkali terlewat untuk sejenak menyusun Bisnis Plan, menentukan target dan strategi untuk mencapainya. Pun jika telah disusun, Bisnis Plan hanya sekedar dokumen yang tersimpan rapi di rak buku. Tanpa bisa dieksekusi dan dijalankan karena terlalu kaku dan outdated.
.

WHY?
Bisnis plan atau rencana bisnis merupakan hal yang sangat penting dimiliki seorang pebisnis yang akan membuat usahanya berjalan dengan baik. Banyak pebisnis baru yang ingin cepat sukses namun karena hanya bermodalkan ide bisnis kreatif dan keahlian, bisnis yang mereka bangun kandas di tengah jalan karena tidak memiliki rencana dan strategi.

Bisnis plan merupakan kumpulan rencana yang memuat strategi dan langkah-langkah apa saja yang perlu dilaksanakan untuk merealisasikan VISI, MISI dan GOAL sebuah bisnis. Sehingga bisnis dapat terus bertumbuh secara terkontrol, tersistemasi, terstruktur dan sustainable.

Era DISRUPTION dan VUCA saat ini menjadi penting diantisipasi oleh para pebisnis dengan memiliki sebuah bisnis plan yang simple dan adaptive.
.

WHAT?
Bisnis plan perlu disusun secara practical sehingga applicable bagi seluruh tim  di semua divisi. Sehingga diperlukan metoda/tools yang mampu menyederhanakan bisnis plan agar mudah dipahami dan dilaksanakan.

Business Model Canvas (BMC) dan Value Proposition Design (VPD) saat ini menjadi tools mutakhir yang digunakan oleh perusahaan/organisasi kelas dunia dalam penyusunan Bisnis plan yang practical, adaptive dan mudah dipahami.

Dengan menggunakan BMC dan VPD, para pebisnis/leaders akan mampu melihat kondisi bisnis secara holistik. Sehingga mampu membuat keputusan yang strategis dengan cepat dan efektif berdasarkan perubahan kondisi market yang terjadi.
.

HOW?
Sebelum menyusun Bisnis plan, maka para pebisnis dan Leaders perlu mengidentifikasi Business Model yang tepat untuk bisnisnya. Hal ini diperlukan dalam merespon kebutuhan market dan persaingan dengan kompetitor yang sangat dinamis di era DISRUPTION dan VUCA saat ini.

Para pebisnis dan Leaders perlu memahami serta mampu menggunakan Business Model Canvas dan Value Proposition Design untuk menyusun Bisnis plan yang selanjutnya diturunkan dalam strategic plan, action plan dan action steps. 

Selanjutnya agar eksekusi Bisnis plan lebih efektif, terukur dan terstruktur. Maka perlu adanya program pendampingan bisnis dengan metoda Coaching yang memastikan setiap plan yang dibuat dapat dijalankan secara konsisten dan terkontrol. Sehingga goals dan target bisnis/organisasi dapat dicapai lebih cepat. 
.

IF.. (jika)
1. Bisnis yang dibangun belum memiliki key client atau key project..
2. Bisnis belum memiliki keunikan sebagai keunggulan value bagi client..
3. Kondisi pencapaian target bisnis tidak memuaskan terjadi saat ini..
4. Kompetitor mulai mengancam dan mengambil ceruk target pasar..
5. Pada awal tahun bisnis biasa menghadapi perlambatan progress..
6. Bisnis mulai banyak kehilangan opportunity karena tidak adanya inovasi..
7. Bisnis plan yang ada terlalu kaku, sulit diaplikasikan dan ketinggalan zaman..
8. Bisnis tidak bertumbuh dan cenderung stagnan..
9. Profit bisnis mulai tidak mampu menutupi biaya operasional..
10. Turn over karyawan dan client yang signifikan mulai terjadi..

THEN.. (maka)
Bisnis perlu segera memiliki Practical & Adaptive Business Plan.
.

PROGRAMS
NCF Special Program dalam menyusun dan mengeksekusi Practical & Adaptive Business Plan Mastery adalah sebagai berikut:
1. Business Model and Value Proposition Design Executive Workshop
2. Business Plan to Action Mastery Workshop
3. Corporate Value Alignment & Leaders Transformation
4. Business Coaching Program

Untuk menjelaskan masing-masing program dan menemukan solusi yang tepat bagi perusahaan/organisasi kami akan presentasikan dalam sesi
Executive Preview on 2019 Practical & Adaptive Business Plan Mastery.

Silahkan menghubungi kami Nahla Coaching Firm​ di 082.111.212.272 untuk informasi lebih lanjut dan menentukan jadwal presentasi yang dikehendaki.

#BusinessPlan2019
#BusinessModel
#ValuePropositionDesign
#Disruption
#VUCA
#BusinessCoaching
#ValueAlignment
#CorporateValues
#BusinessPlanToAction

0 comments:

Post a Comment