Wednesday, October 17, 2018


Sering kita mendengar kata bijak "hasil tidak akan menghianati proses"Sehingga pada akhirnya banyak orang memilih pemikiran untuk:

1. Fokus pada Proses, d
an tidak terlalu mementingkan Hasil, atau
2. Fokus pada Proses, dan berharap Proses memberikan Hasil sesuai yang diinginkannya.

Tidak ada yang salah dengan dua pemahaman ini, dan tulisan berikut tidak bermaksud menyalahkan pendapat kebanyakan orang. Hanya ingin memberikan wawasan dan referensi berpikir.

Untuk itu perlu kita cermati sejenak.

Pertama, apakah benar kita tidak mementingkan fokus kepada Hasil? Bukankah kita perlu menentukan Tujuan dalam hidup ini? Dan Tujuan itulah merupakan Hasil yang perlu diupayakan.

Maka sebenarnya dalam kehidupan maupun Bisnis, kita perlu menentukan Tujuan dan Hasil yang ingin dicapai terlebih dahulu. Lalu menentukan Proses yang tepat untuk dapat mencapai Hasil. Dan menjalaninya dengan konsisten dan melakukan evaluasi.

Kedua, paham tentang perbedaan Fokus dan Konsentrasi. Dimana fokus adalah perhatian yang terpusat pada satu titik, sedangkan konsentrasi adalah perhatian pada sebaran/banyak hal. 
 
Dalam bisnis dan kehidupan kita perlu keduanya. Sehingga salah satu kunci sukses adalah perpaduan antara Fokus dan Konsentrasi.

Memiliki Fokus pada Tujuan dan Hasil yang ingin dicapai, dan Konsentrasi pada efektifitas Proses yang diupayakan.

Kembali ke topik diatas, maka seorang pebisnis atau business owner perlu memiliki orientasi dan fokus kepada Hasil/Goals bisnis yang ingin dicapai. Lalu membangun Team untuk fokus melakukan Proses yang efektif dalam mencapai Hasil/Goals. Kemudian dilanjutkan dengan menyediakan System agar Proses berjalan secara terkendali, terukur dan terstruktur.

Tentu semuanya diiringi dengan doa, kesabaran dan tawakal kepada Tuhan YME, dengan ikhlas menerima apapun Hasil yang didapatkan.

Dan pada akhirnya Bisnis dapat terus tumbuh secara sistematis dan profitable.
Bagaimana menurut Anda?


Wallahualam
Rully Bhaskara
Certified Business Coach

---

Jika hal ini penting bagi Anda dan tim bisnis, hubungi kami Nahla Coaching Firm di nomor: 082.111.212.272 (whatsapp) untuk mengetahui metoda yang efektif  agar bisnis dapat tumbuh secara Terstruktur, Terukur, Sistematis dan Profitable melalui program Coaching.


0 comments:

Post a Comment