Friday, November 2, 2018

Anda mungkin berpikir Anda tahu apa yang diinginkan pelanggan; tetapi sampai Anda menguji dan mengumpulkan bukti-bukti, Anda hanya sedang berhalusinasi.

Terkadang, kita sangat yakin bahwa kita tahu apa yang diinginkan pelanggan. Sehingga kita merasa tidak perlu lagi menguji ide-ide yang muncul berdasarkan asumsi.

Kenyataannya, semakin cerdas dan semakin berpengalaman kita, semakin besar kemungkinan kita percaya bahwa asumsi/pendapat kita itu benar.

Semakin kita bergantung pada pendapat kita, semakin besar risiko bahwa ternyata kita mungkin sedang berhalusinasi.

Sehingga kita perlu menguji, dan melakukan proses Customer Discovery, agar dapat menemukan realitas pada pelanggan.

Semakin Anda giat menguji dan melakukan proses Customer Discovery, maka Anda akan semakin meningkatkan besarnya irisan antara ide-ide (visioner) Anda dan realitas kebutuhan pelanggan.

Ketika Anda memulai pengujian, irisan tersebut ternyata besar; atau bisa juga ternyata kecil (lihat gambar). Namun, tanpa pengujian, Anda tidak akan pernah tahu dengan pasti apakah asumsi Anda itu realitas atau hanya halusinasi.

Jika proses pengujian asumsi/pendapat dan Customer Discovery ini penting bagi kelangsungan bisnis, apa rencana Anda selanjutnya di tahun 2019.

Keputusan Anda untuk melakukan perubahan dan perencanaan adalah jawaban untuk esok hari mengapa Anda menginginkannya hari ini.

Salam Sukses Penuh Berkah
coach Rully Bhaskara 


                                                 more info visit Business Plan To Action

0 comments:

Post a Comment