Friday, November 16, 2018

Dalam bisnis tentu kita seringkali berhubungan dengan angka. Mulai dari harga barang /jasa, biaya produksi, biaya promosi, operasional, gaji SDM, pendapatan, profit dan lain sebagainya.

Pencapaian perusahaan, penguasaan market share dan index kepuasan pelanggan pelanggan juga diwujudkan dalam angka. Sehingga bisnis sangat erat berhubungan dengan angka.

Di akhir tahun seperti sekarang, pelaku bisnis juga sedang dalam tahap paling seru yang berhubungan dengan angka. Apalagi jika bukan fokus pada angka pencapaian target di masung-masing divisi. Semuanya diukur dengan angka.

Lalu bagaimana dengan angka di tahun depan? Sudahkah kita merencanakan angka angka yang ingin kita capai bersama seluruh tim bisnis?

Bagaimana kita menentukan target keuangan?
Bagaimana kita menentukan target sales dan pertumbuhan pelanggan?
Bagaimana kita menentukan target inovasi produk dan proses bisnis baru?
Bagaimana kita menentukan target pengembangan dan pembinaan SDM?

Tentunya semuanya berhubungan dengan angka yang perlu dihitung dan ditentukan secara cermat. Perlu perencanaan dalam memilih strategi dan menyusun langkah aksi untuk mencapai angka-angka yang telah ditetapkan.

Semuanya tercantum dalam sebuah Bisnis Plan yang akan menjadi panduan teknis, alat ukur sekaligus pengawasan terhadap setiap aktifitas setiap personil dalam bisnis.

Di zaman now ini, Bisnis Plan bukan hanya sekedar dokumen formalitas. Bisnis Plan harus praktis dan dapat dilaksanakan oleh seluruh tim serta responsif terhadap perubahan yang akan seringkali terjadi. Bisnis Plan kini tidak perlu tebal dan berpuluh puluh lembar isinya. Justru semakin simple dan sederhana Bisnis Plan semakin baik

Selanjutnya Bisnis Plan yang telah disusun perlu diturunkan menjadi panduan kerja yang detail bagi setiap personil dalam tim bisnis/organisasi. Sehingga dapat dipastikan setiap rutinitas aktifitas yang dilakukan tim benar-benar dalam kendali, terstruktur dengan baik serta dapat tersistemasi.

Temukan dan pelajari cara menentukan target dan menyusun bisnis plan dalam workshop Business Plan To Action Mastery pada tanggal 27-28 November 2018 di Hotel Olympic Renotel Sentul, Bogor.



Informasi selengkapnya di http://bisabikinbisnisplan.xyz


0 comments:

Post a Comment