Tuesday, January 5, 2021

Alkisah, pada suatu kota akan diselenggarakan sebuah pertunjukan sirkus besar. Sebuah acara yang jarang diselenggarakan di kota tersebut sehingga membuthkan upaya untuk bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Dengan harapan masyarakat tertarik dan datang menyaksikan pertunjukan sirkus tersebut.

Mulailah dibuat selebaran/poster yang berisikan informasi gambar, nama sirkus, tanggal dan jam pertunjukan serta tempat pembelian tiket - ini disebut IKLAN.

Lalu selebaran iklan tadi ditempelkan di badan gajah dan kereta. Lalu dimulailah parade gajah keliling kota - ini disebut PROMOSI.

Selanjutnya gajah tadi singgah ke halaman kantor balaikota. Dan gajah tadi melakukan atraksi sehingga banyak orang berkumpul menonton di balaikota - ini namanya PUBLIKASI.  

Kemudian walikota pun datang dan memberikan beberapa pernyataan tentang pertunjukan sirkus, sambil berfoto dengan gajah dan diliput wartawan/media - ini disebut PUBLIC RELATION.

Dan mulailah orang tahu dan tertarik membeli tiket di tempat yang telah diinfokan. Dan ada penawaran beli 3 gratis 1 plus bonus popcorn - ini disebut SALES/SELLING.

Nah jika pada setiap aktifitas diatas ada sebuah logo, merek, gambar unik terpampang di poster, spanduk, media. Sehingga orang begitu melihat logo, merek, gambar unik tersebut di lain waktu dan teringat akan pertunjukan sirkus tersebut - ini disebut BRANDING.

Dan apabila semua rangkaian kejadian diatas terjadi dan sudah di desain sedemikian rupa sejak awal - itulah yang disebut strategi MARKETING.

*terinspirasi dari materi standup Pandji

0 comments:

Post a Comment