Friday, April 19, 2019


FOBO, atau Fear of Better Options, adalah kebalikan dari FOMO, atau Fear of Missing Out. Para ahli mengatakan bentuk-bentuk perilaku manusia ini sebenarnya sebuah fenomena yang disebut memuaskan dan memaksimalkan. Tetapi sementara ‘maximizers’ melihat setiap pilihan yang tersedia untuk mereka, kepuasan lebih dari senang dengan pilihan yang cukup baik. Berikut adalah beberapa tanda halus Anda menderita FOBO:

DI SINI ADALAH 12 TANDA SUBTLE YANG ANDA MENDERITA DARI KETAKUTAN TINDAKAN YANG LEBIH BAIK

1. ANDA MEMILIH TINGGAL DI ZONA NYAMAN ANDA.
Anda suka mempertahankan rutinitas Anda sebagaimana adanya karena keakraban mereka. Anda sudah terbiasa melakukan hal-hal dengan cara tertentu sehingga gangguan apa pun dengan mudah membuat Anda marah. Anda tidak berusaha mengubah keadaan dalam jadwal dan kegiatan Anda, bahkan dengan alasan yang masuk akal, karena Anda khawatir bahwa keluar dari zona nyaman Anda hanya akan menyebabkan masalah dan ketidaknyamanan. Meskipun zona nyaman membuat segalanya stabil, zona kenyamanan juga dapat menghambat pertumbuhan dan produktivitas Anda. Pakar Harvard merekomendasikan untuk membuat langkah kecil dan menetapkan sasaran mini di luar zona kenyamanan Anda untuk menaklukkan FOBO Anda secara perlahan.

2. ANDA MEMBUAT PILIHAN AMAN.
Anda tidak berusaha berpikir di luar kotak. Sebaliknya, Anda membuat pilihan yang aman dan tetap pada rencana Anda karena Anda umumnya tahu hasilnya. Namun, kadang-kadang, Anda perlu mengambil risiko dan pergi dari buku dengan pilihan Anda untuk berhasil atau mendapatkan peluang yang lebih baik. Sayangnya, untuk seseorang yang menderita FOBO, mengambil risiko sepertinya adalah akhir dari segalanya, bukan pilihan untuk sesuatu yang lebih baik.

3. ANDA SUKA MEMILIKI PENGENDALIAN.
Obsesi Anda terhadap kontrol hampir mencapai titik kesempurnaan. Selain itu, Anda merasa seperti Anda membutuhkan ritme ini atau Anda kehilangan kemiripan keteraturan dalam hidup Anda. Namun dalam kenyataannya, banyak hal bisa salah dalam hidup Anda, yang tidak dapat Anda kendalikan. Anda tidak dapat mempelajari keterampilan hidup yang penting seperti fleksibilitas dan ketahanan jika Anda berpegang teguh pada kontrol.

4. ANDA TAKUT AKAN GAGAL.
Masyarakat telah menetapkan standar mengapa banyak orang melihat kegagalan sebagai hal yang memalukan. Mereka yang menderita FOBO terlalu sibuk untuk memastikan ini tidak terjadi pada mereka. Tetapi kegagalan bisa menjadi pengalaman membangun karakter. Sebenarnya, kisah sukses yang paling menginspirasi datang dari mereka yang telah gagal lebih dari satu kali dalam hidup mereka. Sebelum Walt Disney, Steve Jobs, JK Rowling, dan Oprah Winfrey menjadi miliarder, mereka mengalami kegagalan seperti penolakan dan kebangkrutan. Memukul dasar batu mengajarkan dan memotivasi mereka untuk bangkit kembali dan mencari pilihan yang lebih baik untuk diri mereka sendiri.

5. ANDA MEMILIKI BANYAK SAMBUTAN SAAT ITU DATANG DENGAN MENGAMBIL PELUANG.
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Motivation and Emotion, membuat alasan tampaknya merupakan mekanisme pertahanan. Seseorang dengan FOBO lebih suka menghindari menghadapi kemungkinan kegagalan daripada menghibur ide kesuksesan, jadi dia membuat alasan. Ini seperti gelas setengah kosong, situasi setengah penuh yang juga mencerminkan ketakutan seseorang akan kegagalan.

6. KAMU MEMBUAT DIRI.
Anda tidak berusaha mencari opsi yang lebih baik karena Anda meragukan diri sendiri. Karena Anda kurang percaya diri untuk mengelola hal-hal yang lebih besar dan menantang, Anda tidak perlu menceburkan diri ke dalam air ketika ada peluang yang mengetuk. Anda menjadi kewalahan dengan hanya membayangkan tugas-tugas yang diharapkan akan Anda selesaikan, sehingga Anda melewatkan kesempatan untuk mencoba posisi yang lebih tinggi di tempat kerja, terlepas dari manfaat dan manfaatnya.

7. ANDA TIDAK MENGAMBIL PENDAPAT DAN IDE ANDA.
Anda mungkin memiliki sesuatu yang substansial dan positif untuk dikatakan tentang masalah yang dapat memengaruhi tempat kerja atau komunitas Anda, tetapi Anda lebih suka menyimpan pendapat dan gagasan Anda sendiri. Anda tidak suka mengguncang perahu atau berurusan dengan konsekuensi berbagi pikiran Anda, meskipun itu sebenarnya lebih baik daripada apa yang orang lain bagikan.

8. ANDA TIDAK PERCAYA MENGIKUTI GAIRAH ANDA.
Apa yang menghambat Anda dari mendapatkan opsi yang lebih baik? Mungkinkah Anda tidak percaya bahwa Anda dapat membuat sesuatu dari hasrat Anda? Mungkin Anda menganggap kepraktisan sebagai tanda kesuksesan. Misalnya, Anda memilih pekerjaan korporat untuk keamanan daripada menantang audisi untuk menjadi artis musik. Apa yang akan terjadi jika Anda memilih untuk mengikuti hasrat Anda saja?

9. ANDA TINGGAL DI PEKERJAAN YANG ANDA Benci.
Anda stres, lelah, dan tidak bahagia secara profesional. Tetapi bahkan jika Anda memiliki cukup uang untuk liburan dua minggu di Yunani, Anda tidak dapat menikmati hasil kerja Anda karena tuntutan pekerjaan. Orang yang menderita FOBO bangun dengan perasaan berat ketika mereka menyeret diri untuk bekerja setiap pagi. Namun, mereka menolak untuk berhenti dan mencari sesuatu yang lebih baik karena pekerjaan mereka saat ini cukup membayar tagihan.

10. ANDA PUT UP DENGAN HUBUNGAN BURUK.
Apakah sengsara dengan seseorang tampak lebih romantis daripada menjadi lajang? Untuk seseorang dengan FOBO, jawabannya adalah ya. Mereka lebih suka bergaul dengan orang yang menyakiti mereka daripada sendirian. Mereka tidak menyadari waktu yang diinvestasikan dalam hubungan yang buruk pada dasarnya adalah waktu yang terbuang. Jika Anda meninggalkan hubungan buruk Anda dan tetap melajang untuk sementara waktu, maka Anda bisa menuangkan lebih banyak energi positif untuk meningkatkan diri sendiri. Ketika Anda meningkatkan diri, Anda dapat menarik orang yang tepat dalam hidup Anda dan menerima cinta yang layak Anda dapatkan.

11. ANDA MERASA GUILTY BREAKING OFF FRIENDSHIPS TOXIC.
Anda tahu bahwa satu teman beracun Anda sepertinya tidak bisa menolak atau mengatakan tidak, bahkan jika dia membawa begitu banyak hal negatif dalam hidup Anda? Jika Anda memiliki FOBO, Anda tidak akan mengabaikan orang ini karena kesalahannya. Mungkin Anda dibesarkan dengan gagasan bahwa teman sejati harus setia satu sama lain. Tetapi kenyataannya adalah, orang bisa saling mengalahkan. Menurut para ahli dari University of California, Los Angeles (UCLA), berpegangan pada pertemanan yang beracun tidak hanya buruk untuk kewarasan Anda, tetapi secara fisik dapat membuat Anda sakit dengan penyakit jantung, kanker, atau diabetes.


12. ANDA PROCRASTINASI KARENA ANDA TIDAK SUKA MEMBUAT KEPUTUSAN.
Anda menunda mencari pekerjaan yang lebih baik, memutuskan hubungan asmara yang buruk, mendaftar di gym, atau pindah ke lingkungan yang baik karena tidak memutuskan sesuatu jauh lebih mudah daripada mencari, menimbang pilihan, dan berkomitmen untuk berubah. Tapi kemudian, Anda kehilangan banyak waktu dan kesempatan berharga untuk menjalani hidup Anda. Jika Anda terus menunda, sebelum menyadarinya, Anda telah menghabiskan sebagian besar hidup Anda menyesali hal-hal yang tidak Anda lakukan.

PIKIRAN FINAL
Meskipun berpikir positif, FOBO dapat melumpuhkan ketika Anda harus membuat komitmen penuh untuk membuat sesuatu dari hidup Anda. Jika Anda berada di tempat yang sulit ini, mungkin sudah saatnya untuk berhenti sejenak dan melihat ke dalam dengan susah payah. Cari tahu apa arti kebahagiaan dan kesuksesan bagi Anda, kemudian mulailah membuat rencana dan menyusun tujuan Anda dari titik ini.

0 comments:

Post a Comment