Saturday, April 27, 2019


Hampir pasti setiap pebisnis ingin produknya laris manis habis dibeli customer.

Selain laris dibeli, produk juga perlu menghasilkan profit yang cukup agar bisnis bertumbuh. Jika profit dari bisnis tidak mampu menutup biaya operasional maka bisnis sebenarnya sedang menggerus modal dan harta ownernya. Kondisi yang perlu segera diantisipasi jangan sampai terjadi.

Selain laris dan memberikan profit yang cukup, pebisnis juga ingin kestabilan penjualan. Bukan hanya musiman dan fluktuatif. Kondisi yang perlu diupayakan agar bisnis survive dalam jangka waktu yang lama.

Jadi ada 3 komponen penting:
1. Laris Terjual
2. Memberikan Profit
3. Penjualan Stabil

Bagaimana ketiga komponen penting tersebut bisa dicapai? Salah satu rahasianya adalah fokus pada Niche Market.

Begitu fokus pada Niche Market, maka akan banyak hal baru yang perlu diupayakan. Banyak ide inovatif yang bisa dilakukan.

Karena semakin kita mengenal Niche Market maka kita akan semakin paham apa yang dibutuhkannya. Begitu produk kita menjadi solusi terhadap problem yang dihadapi market maka produk akan dicari dan laris diantri.

Apalagi jika produk kita menjadi kebutuhan/needs maka berapapun harganya akan dibeli. Disini profit tinggi bisa didapat.

Sehingga saat kita fokus pada kebutuhan market maka akan menjadikan produk kita need to buy bukan sekedar nice to buy. Produk dibutuhkan sepanjang waktu mengakibatkan penjualan stabil sepanjang waktu.

Sudahkah produk kita menjadi kebutuhan Niche Market yang kita jadikan sasaran?

Salam Sukses Penuh Berkah
Coach Rully Bhaskara

0 comments:

Post a Comment