Tuesday, April 9, 2019


Untuk bisnis UMKM, memilih niche market dapat menjadi alat yang membuat perbedaan yang mampu memberikan pertumbuhan yang signifikan. Ada banyak manfaat potensial, baik dalam hal potensi penjualan langsung maupun perampingan proses bisnis.

Berikut beberapa keungtungan bagi bisnis saat memilih niche market.

1. Persaingan tidak langsung
Dengan fokus kepada niche market maka bisnis berkompetisi secara tidak langsung di pasar. Tidak head-to head karena segmen market sangat unik.

2. Identifikasi target yang mudah
Karena bisnis berfokus pada bagian kecil dari pasar, mereka sangat mudah diidentifikasi dan ditemukan. Demikian juga, market akan lebih mudah menemukan kita.

3. Menjadi lebih ahli memahami
Semakin spesifik target market, maka semakin mudah bisnis mempelajari dan memahami apa yang dibutuhkan market. Ku tahu yang kau mau.

4. Pemasaran dari mulut ke mulut dan komunitas yang efektif
Berita tentang bisnis dan keunikan solusi yang diberikan bisnis akan menyebar dengan cepat di antara niche market. Semakin baik bisnis menargetkan mereka, semakin cepat itu bisa terjadi.

5. Meningkatkan loyalitas pembeli
Begitu banyak pembeli di semua bidang cenderung memiliki sedikit loyalitas, khususnya karena mereka kesulitan menemukan produk atau layanan yang sesuai untuk mereka. Jika mereka datang untuk melihat bisnis yang benar-benar memahami kebutuhan mereka, mereka akan sangat loyal.

6. Penjangkauan milenial yang lebih baik
Niche market millenials memerlukan kekhasan dan personalisasi dari bisnis sebagai solusi yang mereka butuhkan. Mereka lebih suka personal experience daripada sekedar fungsi yang sifatnya masal.

7. Market aman
Selama niche market ini ada, maka selamanya bisnis akan memiliki pelanggan

Salam Sukses Penuh Berkah
coach Rully Bhaskara

0 comments:

Post a Comment