Sunday, April 7, 2019


Sebagai upaya untuk menambahkan Value, maka banyak pebisnis melakukan inovasi pada produk/jasanya. Dengan harapan ada keunikan yang menjadi value added  sehingga market merespon baik dengan terjadinya kenaikan omset penjualan.

Namun apakah proses inovasi tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan memberikan hasil yang optimal? Apakah dibutuhkan effort waktu, energi dan biaya dalam proses inovasi tsb? Dan apakah benar market memerlukan inovasi tersebut?

Pertanyaan yang patut direnungkan sebelum kita menjalankan proses inovasi. Pastikan market memang membutuhkan inovasi tersebut sebagai solusi yang mereka cari. Tidak sekedar idealisme atau dipaksakan namun tidak dirindukan oleh market.

Bukankah sebagai pebisnis kita perlu lebih fokus kepada segmen market/customer? Lalu mengapa banyak pebisnis UMKM cenderung masih fokus pada produk?

Ingat, people buy value. Dan value yang paling efektif adalah value yang benar-benar dibutuhkan oleh market, bukan hasil rekaan/idealisme pebisnis.

So, menambahkan value tidak selalu dengan proses inovasi pada produk/jasa. Gali kebutuhan market dan jadilah solusi baginya. Just think like Customer.

Salam Sukses Penuh Berkah
Coach Rully Bhaskara

0 comments:

Post a Comment