Tuesday, April 2, 2019


Setiap tahapan kehidupan ada durasi waktunya, ada titik mulai dan selesai lalu memulai tahapan baru lainnya.

Seperti halnya TK selama 2 tahun, lulus masuk ke SD selama 6 tahun, lulus masuk SMP selama 3 tahun, lulus masuk SMA selama 3 tahun. lanjut kuliah S1 4-5 tahun, lanjut S2 2 tahun dan seterusnya. Dan setiap tahapan bisa berarti kita harus pindah lokasi sekolah bukan? bahkan bisa keluar kota.

Saat ini sering kita dengar UMKM naik kelas, artinya naik kelas di jenjangnya. Naik kelas beda dengan lulus bukan? Maka kalo mau lulus maka kita harus exit/keluar/lepas dari bisnis kita. Dan masuk ke tahapan bisnis lainnya.

Bayangkan kalo saat sekolah TK, SD, SMP, SMA dan kuliah tidak ada batas/target waktunya utk lulus. Kita akan terus terkungkung rutinitas belajar dalam lingkungan yang itu-itu saja. Ingat sekolah bukanlah hidup kita. Sekolah adalah kendaraan kita untuk menjalani hidup.

Demikian juga bisnis bukanlah hidup kita. Bisnis adalah kendaraan kita dalam menjalani hidup ini. Maka saatnya kita tetapkan kapan kita akan exit/lepas/lulus dari tahapan bisnis saat ini. Kita serahkan pada generasi penerus. Dan kita fokus membangun bisnis selanjutnya.

Semoga bisnis UMKM cepat naik kelas dan lulus menuju jenjang bisnis selanjutnya.

Salam Sukses Penuh Berkah
Coach Rully Bhaskara

0 comments:

Post a Comment