Friday, November 8, 2019


Berdasarkan hasil penelitian, hampir 63% bisnis UMKM mengalami KERUGIAN yang TIDAK DISADARI, dan BERLANGSUNG BERTAHUN TAHUN. Antara lain disebabkan ketidaktahuan mereka, dalam manajemen usaha terutama masalah PENGELOLAAN KEUANGAN.

Hal ini menyebabkan UMKM akan SULIT BERSAING, TIDAK ‘NAIK KELAS’ bahkan mengalami KEBANGKRUTAN dalam waktu cepat sejak mulai dibukanya usaha.

Apalagi realitanya, masyarakat Indonesia suka akan UANG namun tidak menyukai KEUANGAN. Hal ini terjadi karena edukasi pengelolaan UANG tidak pernah diajarkan di sekolah disemua jenjang pendidikan di Indonesia. Sehingga saat menerima pendapatan tidak mampu mengelola pengeluaran dengan bijaksana dan terencana.

Dalam bisnis UMKM seringkali terjadi kelaziman diantaranya adalah tercampurnya keuangan bisnis dan pribadi. Jarang mencatat aliran uang, tidak ada perencanaan keuangan (anggaran), bocor halus keuangan dan masih banyak lagi.

Maka mau tidak mau, para pemilik bisnis UMKM perlu MAMPU memahami pengelolaan keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Selain hal tersebut, pemilik bisnis juga perlu memiliki banyak aliran pendapatan atau multiple income source. Termasuk portofolio investasi dan pendapatan sebagai seorang profesional .

Jika ini menjadi penting bagi kestabilan pendapatan sebagai pemilik bisnis dan kelangsungan bisnis di masa depan, maka segera daftar dan hadiri:

Full Day Workshop
Financial Mastery For Business Owners
Bersama Reni K. Ashuri ME.Sy CFP QWP AEPP
10 Desember 2019 (08.00-17.00)
SBCF Office Gedung Edugate Lantai 2
Jl. RS Fatmawati No.99 Jakarta Selatan.

Sebuah workshop SPECIAL di akhir tahun 2019, khusus bagi para pemilik bisnis UKM yang ingin:
1. Menduplikasi Bisnis/Buka Cabang
2. Melakukan Diversifikasi Bisnis
3. Menciptakan Kesehatan Keuangan Bisnis & Pribadi
4. Meningkatkan Laba Bisnis Dengan Efisiensi Keuangan
5. Memperoleh Aset dari Laba Bisnis

Tempat terbatas silahkan amankan kursi Anda dengan registrasi via link bit.ly/daftarFMBO
presented by Nahla Coaching Firm
#FinancialPlanning #PersonalFinance #BusinessFinance #Entrepreneur #CashFlow #Wirausaha #UKM #WealthManagement

0 comments:

Post a Comment