Friday, November 1, 2019


Seorang anak sejak lahir sdh punya hak dan dilindungi UU. Salah satunya adalah hak untuk bisa tumbuh berkembang dengan normal sesuai usia dan kebutuhannya. Baik secara jasmani, rohani, mental dan kecakapan.

Lalu siapa yang paling bertanggung jawab atas pemenuhan hak seorang anak. Tiada lain adalah orangtuanya. Karena seorang anak tidak meminta untuk dilahirkan di dunia ini bukan. Mereka hadir karena perbuatan orangtuanya.

Demikian juga dengan sebuah bisnis. Punya hak yang sama yaitu hak untuk bertumbuh dan berkembang. Sebuah bisnis tidak hadir begitu saja bukan? Bisnis ada dan hadir karena upaya dari pemiliknya apapun alasannya.

Maka bisnis pun punya hak untuk dirawat, diperhatikan, ditelateni agar bisa bertahan hidup, lalu bertumbuh dan berkembang.

Siapa yang paling bertanggung jawab atas nasib tumbuh kembang sebuah bisnis? Tiada lain tiada bukan adalah ownernya.

Pertanyaanya, apa yang belum kita lakukan sebagai pemilik bisnis agar bisnis kita bisa terus bertumbuh dan berkembang sesuai prosesnya?

Sudahkah kita sebagai pemilik bisnis punya cukup ilmu, pengalanan dan metodologi yang efektif menumbuhkan bisnis secara terstruktur, terukur, sistematis dan konsisten?

Hanya masing masing kita yang bisa menjawabnya secara jujur. Karena kalo bukan kita siapa lagi, kalo tidak sekarang, kapan lagi..

Salam Sukses Penuh Keberkahan
Rully Bhaskara
Certified Business Coach

0 comments:

Post a Comment