Monday, November 4, 2019


KPP Pratama Sukabumi bekerja sama dengan KP2KP Pelabuhan Ratu,  mengadakan kegiatan bimbingan pengembangan usaha kepada para pelaku UMKM di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi di Hotel Horison Sukabumi (Kamis, 6/12). Kegiatan yang bertemakan "Rahasia Melejitkan Omzet Hingga 1000% dengan Perencanaan Keuangan Bisnis UMKM" ini dihadiri 50 peserta undangan dari pihak UMKM Kota dan Kabupaten Sukabumi.
Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala KPP Pratama Sukabumi Sutan Andi Gunawan Siregar. Dalam sambutannya, Sutan menekankan pentingnya kontribusi UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional karena  karakteristiknya yang tahan banting terhadap krisis ekonomi global dan kontribusinya dalam produk domestik bruto.
Selain itu, para pelaku UMKM juga sangat berperan penting dalam  perekonomian nasional pada umumnya dan wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi pada khususnya dalam kontribusi penerimaan perpajakan. Namun tingkat kontribusi ini masih dirasakan belum memadai untuk tingkat kepatuhan maupun jumlah pembayaran pajak yang dilakukan. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan yang bersifat merangkul sekaligus mengedukasi pelaku UMKM agar bekembang menjadi pelaku ekonomi yang tumbuh besar dan patuh atas kewajiban perpajakan.
"Silahkan Bapak Ibu semua ambil ilmu sebanyak banyaknya selama acara berlangsung agar dapat diterapkan langsung dan meningkatkan omzet namun bapak ibu semuanya jangan lupa untuk berkontribusi kepada negara dengan membayar pajak. Melalui BDS ini juga diharapkan persepsi negatif masyarakat terkait pajak yang membuat masyarakat bersikap apatis, menjadi peduli terhadap pajak. Semoga dengan terselenggaranya pemberdayaan WP UMKM ini dapat meningkatkan pula kepatuhan kewajiban pajak," tuturnya.
Adapun kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari kegiatan Business Development Service (BDS) yang merupakan kegiatan edukasi pemenuhan kewajiban perpajakan sekaligus bimbingan secara berkesinambungan kepada para pelaku UMKM dengan menyediakan berbagai fasilitas yang menarik minat para pelaku UMKM seperti pelatihan meningkatkan omzet, kemudahan akses modal usaha, keikutsertaan bazar secara gratis, dll.
Kegiatan diisi oleh pemateri dari Tim Profesional Nahla Coaching Firm (NCF) dengan para pembicara NCF Rully Bhaskara dan Reni K Ashuri mengenai pengelolaan pembukuan dan laporan keuangan yang jelas serta membuat perencanaan agar omzet dapat meningkat. Kemudian dilanjut dengan materi dari Ketua Sukabumi Creative Forum (SCF) Kohar Arifin. Selain itu, Bapak Redy dari pihak Bank BNI Cabang Kota Sukabumi juga memberikan materi terkait pengurusan kredit usaha yang dapat diajukan ke BNI. Kegiatan ditutup dengan penyerahan plakat dan sesi foto bersama dengan seluruh peserta.(SMG)
#latepost

0 comments:

Post a Comment