Monday, February 10, 2020

Hari ini perhelatan tahunan insan perfilman Oscar 2020 diselenggarakan di Dolby Theater di Los Angeles, California. Seperti biasa bertaburan bintang film dunia (mayoritas artis Hollywood tentunya) dan disiarkan di berbagai jaringan televisi dunia.

Namun ada yang menarik di acara Oscar tahun ini, yaitu masuknya film korea "Parasite" dalam nominasi best picture atau film terbaik. Ini merupakan kali pertama film berbahasa asing (bukan berbahasa Inggris) masuk dalam jajaran calon film terbaik di ajang Oscar.



Sebelumnya acara Oscar 2020 dimulai, Parasite diprediksi memiliki peluang menjadi film terbaik sekaligus menjadi rival film 1917 yang sebelumnya lebih dulu terpilih menjadi film terbaik di acara Golden Globe 2020. Dan prediksi itu akhirnya menjadi kenyataan, Parasite menjadi best picture Oscar 2020.

Tidak tanggung-tanggung, Parasite memperoleh 4 piala Oscar 2020, yaitu: 
✓Best Picture
✓Best Screenplay
✓Best International film
✓Best Director

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, film bukan berbahasa Inggris menang menjadi film terbaik Oscar, sebuah pencapaian yang bukan kaleng-kaleng. Korea telah membuktikan, melalui film bisa tembus meraih piala Oscar. Sebelumya group KPOP BTS juga telah membuktikan diri masuk nominasi dan tampil di Grammy Award 2019 dan 2020.



Parasite dan BTS seperti sebuah bukti Korea yang telah mendunia dengan jadi dirinya sendiri, tidak minder jadi dirinya sendiri. Bangga berbahasa Korea meskipun tampil kekinian dan terbukti sukses mendunia.

There is always a first time for everything, salah satu contohnya adalah saat James Ray Hines memecahkan rekor menjadi orang pertama yang mampu berlari 100 meter dibawah 10 detik pada tahun 1968, tepatnya 9,89 detik. Sebelumnya adalah mustahil saat itu untuk bisa berlari 100 meter dibawah 10 detik. Namun begitu ada yang menjadi pertama kali mencapainya, maka beberapa tahun berikutnya rekor lari 100 meter menjadi semakin cepat. Pelari asal Jamaica, Usain Bolt pun mencapai rekor 100 meter dengan waktu 9,58 detik pada tahun 2009.


Bukan mustahil, jika prestasi Parasite dan BTS akan disusul oleh film-film atau group musik asal Asia lainnya. Siapa tahu berikutnya adalah film dan artis dari Indonesia, why not? Yes.. we can.

Jadilah yang pertama. Jadilah yang terbaik. Namun jika tidak mampu jadi yang pertama dan terbaikmaka jadilah yang beda. Parasite berhasil membuktikan ketiganya, luar biasa. 


Menjadi sedikit lebih beda, lebih baik, dari pada menjadi sedikit lebih baik - Pandji Pragiwaksono


Salam Sukses Penuh Keberkahan
Rully Bhaskara
Certified Business Coach

Nahla Coaching Firm
#YourValuePartner

0 comments:

Post a Comment