Wednesday, April 29, 2020

5 kunci sukses dalam kewirausahaan ini perlu dipenuhi kelima-limanya, karena jika ada satu poin yg tidak dipenuhi maka sulit untuk dapat mencapai tujuannya.

1. Imajinasi
Entreprenuer perlu memiliki imajinasi yang besar dan luas, punya mimpi dan cita-cita yang bisa jadi tidak mungkin terjadi, namun namanya imajinasi kan bebas saja. Namun energi dari sebuah imajinasi sangat luar biasa. Albert Einstein justru menyebutkan faktor utama kesuksesan bukanlah intelektual, namun kekuatan imajinasi seseorang.

Jadi miliki imajinasi akan apa yang kita ingin capai dalam hidup ini, semakin absurd semakin bagus, bahkan ada yg bilang kalo imajinasi kita belum dicemooh orang, artinya imajinasi kita masih terlalu dangkal. Ayo cari imajinasi yang lebih besar, pastikan sampai orang lain menertawakan imajinasi kita tersebut.

2. Strategi
Nah setelah memiliki imajinasi yang "liar" melangit, maka kita perlu membumikan imajinasi kita agar bisa terlaksana secara bertahap, sistematis dan terukur. Pada poin ini kita perlu menyusun strategi dari setiap goals/tujuan hidup dan bisnis kita.

Turunkan Big Goals menjadi SMART Goals dan selanjutnya pecah menjadi target-target kecil. Sehingga lebih mudah dikerjakan dan dicapai sesuai waktu yang ditentukan. Buat sebuah rencana, strategi apa yang perlu dilakukan, siapa yang melakukan, dan kapan batas waktunya,

Ingat, imajinasi tanpa strategi hanyalah berupa angan-angan belaka.

3. Nyali
Setelah rencana dibuat, diturunkan menjadi strategi, maka saatnya beraksi. Nah disinilah perlu adanya NYALI untuk memulai sesuatu yang baru.

Karena bisa jadi kita akan banyak menghadapi banyak rintangan saat akan memulai hal yang baru. Mulai banyak alasan untuk menunda-nunda dan pada akhirnya rencana dan strategi yang telah disusun tidak berjalan

Dan tantangan paling besar bukan dari luar, namun dari dalam diri kita sendiri. Ngaku deh... musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri. Kalo belum kepepet maka kita akan selalu banyak alasan untuk menunda-nunda. Padahal waktu terus berjalan tanpa menunggu kita memulai sesuatu.

Poin ke 3 ini menjadi titik kritis, apakah rencana dan imajinasi kita akan terwujud. Maka pastikan Anda memiliki nyali untuk memulai.

4. Motivasi
Setelah punya NYALI untuk memulai, maka terus lakukan strategi sesuai rencana yang telah disusun. Lakukan review dan perbaikan bila ada strategi yang kurang pas dan perlu segera diubah.

Nah seringkali saat menjalani bisnis yang baru, banyak rintangan, ketidak-sesuaian antara rencana dan kenyataan. Disinilah kita perlu MOTIVASI agar terus bergerak dan bertahan. Motivasi bisa kita dapatkan darimanapun, termasuk dengan berdoa. Karena dengan berdoa, kita akan mampu memulihkan motivasi yang mulai kendor.

Ada 2 hal yang bisa dijadikan motivasi, yaitu hal terbaik apa yang ingin dicapai/didapat (mengejar surga) dan hal terburuk apa yang bisa terjadi (menghindari neraka). Dua hal ini akan memicu motivasi diri.

5. Komitmen
Setelah 4 poin diatas kita lakukan, maka poin terakhir adalah perlu adanya KOMITMEN atas apa yang telah kita mulai. Banyak orang yang hanya bisa memulai namun tidak tuntas dan berhenti ditengah jalan gak jelas.

Komitmen akan melahirkan konsistensi dalam melakukan sesuatu dalam berbagai hal. Pastikan kita konsisten dalam menjalankan strategi, memiliki nyali tetap menyala, dan motivasi dalam hidup dan bisnis.  Meraih impian dan tujuan yang cita-citakan, hidup sejahtera penuh keberkahan bersama keluarga tercinta, Aamiin.

0 comments:

Post a Comment