Thursday, April 2, 2020

Disaat kondisi krisis seperti ini, optimalkan customer list bisnis Anda. Saatnya menyusun dan merapihkan daftar customer, sesuaikan dengan segmennya.


Lalu pelajari kemungkinan kebutuhan yang segmen customer tsb butuhkan saat ini, cek dan pastikan analisa kita benar (jangan hanya menduga-duga). Dan saatnya menawarkan produk yg mereka butuhkan/cari-cari saat ini.

Saatnya menjadi solusi bagi customer Anda. Bisa jadi kebutuhan mereka tidak/bukan produk yg selama ini kita jual. Namun jika kita punya resource/sumbernya mengapa tidak kita lakukan bukan?

Sebagai business owner kita perlu fleksibel dan open mind terlebih disaat kondisi seperti ini. Jangan sampai kita taunya ya hanya produk yg selama ini kita jual. Dan seakan menutup mata tidak mau menjual produk lain padahal customer Anda sedang memerlukan saat ini.

Bayangkan customer yg selama ini sudah memiliki ikatan emosional dengan produk/bisnis Anda, sudah terbentuk TRUST, maka akan sangat mudah bagi Anda menawarkan produk apapun. Hanya saja pastikan produk yg Anda tawarkan sesuai/fit dengan kebutuhan segmen customer yg Anda miliki. Cek dan konfirmasi ulang analisa dengan Anda buat, then start action.

Sudah punya customer banyak tapi gak dioptimalkan, seperti punya banyak pintu rejeki tapi gak mau cari kuncinya... hanya karena terbiasa masuk dari 1 pintu saja selama ini...




Get in love with customer and get what they are really want.

Love the business, but not the product..


Beberapa respon/jawaban yang paling sering saya dapatkan saat sharing materi diatas diantaranya:

- kebisaan saya ya cuma ini
- wah saya gak tau caranya gimana
- saya gak pede jual barang baru
- wah kudu belajar lagi dong
- saya nunggu aja deh, siapa tau akan ada jalan

Tanpa kita sadari, jiwa entrepreneurship kita meredup saat menghadapi tantangan. Bisa jadi krn selama ini terlalu nyaman dengan satu bisnis, satu pintu pendapatan. Ini saat terbaik membangkitkan kembali jiwa entrepreneurship yg pernah ada..

Dari uraian diatas sudah bisa mengambil kesimpulan dan akan melakukan hal baru?


Salam Sukses Penuh Keberkahan

Rully Bhaskara
Certified Business Coach
Business Owner Advisor

Nahla Coaching Firm

0 comments:

Post a Comment