Wednesday, February 10, 2021

Bagi pelaku UMKM, bazar adalah ajang yang wajib diikuti. Mulai dari yang berbayar, sampai yang gratisan. Tentu dengan fasilitas yang beragam. 


Sebelum pandemi lokasi bazar biasanya berada di gedung perkantoran, mall atau pameran/acara konser dsb. Menggunakan trafik/lalu lintas orang lalu lalang sebagai sasarannya. Dan sudah hampir pasti setiap lokasi bazar selalu ramai pengunjung. 

Mumpung lewat, maka banyak pengunjung yang mampir membeli apapun yang ditawarkan peserta bazar. Mulai makanan, casing HP, sampai jepitan rambut. 

Namun selain berjualan, sebenarnya ada fungsi dan tujuan penting lainnya saat kita mengikuti bazar, diantaranya adalah:

1. Mendapatkan data pembeli dan calon pembeli

Siapkan kartu nama, dan buku tamu untuk diisi pengunjung, berikan gimmick agar pengunjung mau memberikan data mereka. Minimal nama, no.HP/WA dan email

2. Melakukan survey pasar 

Siapkan lembaran survey dan pelaku surveynya. Ini saat terbaik bagi Anda melakukan wawancara kepada konsumen. Siapkan bingkisan kecil/voucher sebagai imbalannya

3. Demo atau ujicoba produk baru

Melakukan aktifitas demo akan menarik perhatian pengunjung, lakukan ujicoba produk baru dan dapatkan respon langsung dari pengunjung.

4. Mencari peluang bisnis dari sesama pelaku bazar

Cari produk yang bisa disinergikan atau bisa ditawarkan kepada pelanggan kita. Buat kesepakatan untuk melakukan cross selling. Jika memang produknya potensial mengapa tidak? 

5. Mendapatkan calon investor

Siapkan prospektus dan proposal bisnis. Siapa tau ada pengunjung yang sedang menjadi peluang bisnis dan minat dengan bisnis kita. 

Itulah 5 fungsi dan tujuan penting saat kita mengikuti bazar. Bukan cuma pasif duduk manis menunggu dan melayani pembeli yang datang. Ada banyak aktifitas penting diatas yang menuntut Anda untuk lebih aktif dan produktif. 

Saatnya Anda bertemu calon pembeli dan pelanggan Anda. Persiapkan segala sesuatunya lalu gunakan kesempatan dan momentum tersebut.

Wallahualam,

Rully Bhaskara
Certified Business Coach

0 comments:

Post a Comment