Friday, August 18, 2017


Bagi umat muslim, dalam sehari berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk beribadah seperti sholat wajib, sunnah, dan berdzikir? Mungkin bisa jadi hanya 1 jam. Sisanya Anda gunakan untuk beraktifitas dan beristirahat.

Misalkan untuk beristirahat Anda habiskan 6 jam sehari, maka dalam sehari seorang muslim dewasa memiliki waktu 17 jam untuk bekerja, berkarya, berdagang dan berinteraksi dengan sesama umat manusia.

Lalu sudahkah Anda memiliki dan paham ilmu muamalah yang menjadi dasar beraktifitas dan berikhtiar dalam menjemput rejeki selama 17 jam per hari tersebut? Sudahkah Anda paham akad jual beli dan kerjasama sesuai syariah agar mendapatkan rejeki yang berkah, selamat dunia akhirat?

Umar bin Khottob ra pernah memperingatkan orang-orang yang tidak paham prinsip muamalah untuk tidak berdagang di pasar. ‘Umar radhiyallahu ‘anhu berkata,

“Janganlah seseorang berdagang di pasar kami sampai dia paham betul mengenai seluk beluk riba.”

Bila seseorang tidak memahami apa itu riba, dia akan menuai bahaya yang besar. Ali bin Abi Tholib ra mengatakan,

“Barangsiapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka dia pasti akan terjerumus dalam riba, kemudian dia akan terjerumus ke dalamnya dan terus menerus terjerumus.”

Maka sebagai seorang muslim, sudah menjadi konsewensi kita untuk melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT termasuk dalam bermuamalah dan berekonomi di dunia. Dimulai dengan memperbaiki akad kerjasama dan jual beli. Insyaallah berkah dan selamat dunia akherat, aamiin.

Wallahualam.

Salam Sukses Penuh Berkah.
Rully Bhaskara

0 comments:

Post a Comment