Monday, August 7, 2017


Dibalik kesuksesan suami ada kehebatan istri yang mendukungnya.‎ Dibalik kehebatan istri ada keridhoan suami, setuju??

‎Demikian juga dalam bisnis. Saat ini marak perusahaan startup yg baru 1-3 tahun nongol tapi sudah hebat menguasai pasar. Bukan lagi rahasia, ada raksasa dibalik startup kinclong tersebut.

Ini dia diantaranya:
Gojek >> Faralon Capital Group
Tokopedia >> Sequoia Capital & Softbank
Bukalapak >> Emtek Group
Blibli >> Group Djarum
Elevenia >> XL Axiata
Blanja >> Telkom, eBay

Tokopedia dikabarkan akan mendapatkan suntikan dana segar 6,5 T dari Alibaba.

Mengapa raksasa itu tergiur untuk jor-joran invest ke bisnis online di Indonesia? Tidak lain tidak bukan karena gurihnya peluang pasar online dan besarnya transaksi ‎yang didapat.

Sebagai contoh Tokopedia mampu mencapai transaksi 1 trilyun per bulan, atau 33 milyar per hari... dahsyat bukan?

Namun dari hasil data penjualan retail di Indonesia, sumbangan omset bisnis online baru 2% dari total omset pasar retail. Sehingga peluang pasar online masih sangat besar. 

Hal ini yang membuat raksasa itu ikhlas gelontorkan uang. Tentu butuh investasi yang tidak sedikit, namun tentu mereka punya perhitungan yang cermat. Simak tulisan saya sebelumnya soal 222 juta euro nya Neymar yang ternyata investasi tsb akan balik cuma dalam waktu 222 hari.

‎Masih mau bertahan tidak belajar menggunakan online marketing utk bisnis Anda? Masih sekedar jadi penonton hebohnya bisnis online? Ya gak papa juga sih... cuman kudu sabar aja kalo melihat bisnis pesaing melejit.


‎Wallahualam

Salam Sukses Penuh Berkah
coach Rully Bhaskara







0 comments:

Post a Comment