Sunday, August 6, 2017


Saat ini para analist ekonomi dan bisnis sedang berselisih pandang soal menurunnya daya beli masyarakat dan terpuruknya bisnis retail. Apakah benar daya beli turun atau sebenarnya sedang bergeser saja dari offline ke online.

Namun diam-diam raksasa bisnis online sedang perang memperebutkan kue pasar di Indonesia yang gemah ripah loh jinawi ini.

Setelah Lazada diakusisi oleh Alibaba, kini Alibaba menggelontorkan 6.5 trilyun utk Tokopedia. Sehingga trio Alibaba-Lazada-Tokopedia sedang menyusun kekuatan ‎raksasa meraih cuan online di negeri ini.

Kabarnya raksasa bisnis online Amazon juga sedang siap-siap akan masuk ke Indonesia. Dan besar kemungkinan akan bermitra dgn Bukalapak yang saham terbesarnya dimiliki oleh Emtek Group. 

Emtek Group sendiri adalah pemilik jaringan televisi SCTV, Indosiar, O-Channel, dan Next Media. Emtek group juga pemilik hak re-development Blackberry Messenger (BBM).

Makin seru nih para raksasa sepertinya akan berduel‎ abis-abisan. Maklumlah pasar retail online di Indonesia sungguh menggoda.

Siapa yg diuntungkan dan siapa yg akan merugi?

Siapa yg bisa makin kaya raya dan siapa yg akan terpuruk, melemah dan akhirnya meredup?

‎Salam Sukses Penuh Berkah
coach Rully Bhaskara







0 comments:

Post a Comment