Monday, June 11, 2018

Memberikan penilaian kinerja adalah salah satu cara paling umum manajer membantu bawahan mereka belajar dan meningkatkan.


Namun, penelitian mengungkapkan bahwa penilaian kinerja justru dapat berdampak  buruk terhadap kinerja. Lebih dari 20 tahun yang lalu, Harvard Business Review menganalisis 607 percobaan pada efektivitas penilaian kinerja dan menemukan bahwa hal tersebut menyebabkan kinerja menurun pada 38% kasus.


Ini terjadi pada penilaian positif dan negatif, sebagian besar ketika penilaian dianggap mengancam bagaimana orang melihat diri mereka sendiri.


Sebenarnya yang keliru bukan soal penilaian itu sendiri. Namun metoda cara melakukan penilaian kinerja tersebut yang sudah ketinggalan zaman.


Saat ini metoda penilaian kinerja masih banyak dilakuka dengan berdasarkan kepada data yang terlihat dan terekam oleh para manager. Selanjutnya data tersebut diolah dan dijadikan penilaian. Sehingga yang diukur adalah 'how well they did their job?'. Lalu memberikan feedback langsung berupa wejangan, teguran dan penghargaan. Metoda yang digunakan adalah analisa data dan telling/advice. 


Jarang sekali para manager yang fokus pada pertanyaan 'why they did so bad/poor or good?'. Tidak banyak manager yang punya kemampuan dan kemauan untuk bertanya dan mendengarkan tim kerjanya. Atau menjalankan metoda powerful questions and deep listening.


Pada kenyataannya, metoda mutakhir ini lebih efektif dan produktif sesuai dengan zaman kekinian saat ini. Sehingga feedback yang diberikan bukan sekedar data dan advice dari manager ke tim. Namun lebih ke self assessment, mendapatkan ide ide baru serta self motivation dari para tim. Pertanyaan pertanyaan yang diberikan manager akan mampu membuat tim menemukan solusi terbaik versi mereka sendiri. Sehingga tim akan lebih memiliki komitmen dalam melakukannya. 


Inilah metoda Coaching.

---

Jika Metoda Coaching ini Anda anggap penting bagi tim dan bisnis, silahkan diskusikan bersama kami. Dan temukan bagaimana metoda Coaching efektif bagi Anda, tim dan bisnis mau berubah untuk perubahan yang lebih baik.


Hubungi Nahla Coaching Firm (NCF) hotline WA 082.111.212.272 untuk mendapatkan satu jam FREE Coaching Session untuk pertumbuhan pribadi, karir, bisnis dan perusahaan luar biasa tahun ini. 

0 comments:

Post a Comment