Tuesday, June 26, 2018



Ada tahapan bagaimana seseorang akhirnya mau membeli produk/jasa kita. Dan masing-masing tahapan ada strategi yang perlu dilakukan agar sales process meningkat ke tahapan berikutnya.

1. Mereka yang belum tau tentang bisnis dan apa yang kita tawarkan, golongan ini jika mereka menjadi target market kita maka disebut Prospek. Perlu strategi promosi dan edukasi agar golongan ini terpapar informasi dan tahu ada bisnis kita, dimana lokasi dan apa benefitnya.

2. Setelah prospek terpapar informasi, mereka ada yang menghubungi dengan menelpon/sms/wa atau datang sekedar bertanya (biasanya juga sedang membandingkan). Mereka ini disebut Hot Prospek. Perlu kita dapatkan identitasnya untuk bisa kita follow up dan ketahui apa preferensinya.

3. Lanjut, mereka yang  datang dan akhirnya membeli, inilah yang disebut Pembeli (buyer). Disinilah titik kritis, dimana pengalaman pertama pembeli merasakan produk/jasa kita akan menentukan ia akan datang membeli lagi atau justru kapok, kecewa, dan memblack-list bisnis kita. Parahnya kalo dia berkoar-koar di sosmed.. kelar dah..

4. Jika pembeli yg datang, beli dan beli lagi, inilah yang disebut dengan  Pelanggan (customer). Mereka ini yang perlu dijaga dan dicari tau alasannya mengapa mereka mau datang dan membeli berulang kali. Disitulah value produk kita terdefinisikan dengan jelas.

5. Pelanggan yang melakukan transaksi  secara rutin bahkan mau membayar di depan untuk mendapatkan benefit lebih. Mereka ini yang disebut Member. Perlu strategi khusus pola membership yang menarik, memudahkan, dan saling menguntungkan.

6. Terakhir adalah para member yang mau merekomendasikan, mengendorse bahkan membangga-banggakan produk kita kepada kerabat dan lingkungannya. Mereka inilah yang disebut Loyal Customer. Dapatkan testimoni dan network dari mereka untuk dapat kita jadikan prospek.

Begitulah Step Sales Process berjalan, atau juga dikenal sebagai Funneling. Masing-masing step ada beberapa strategi yang berbeda. Beda bisnis beda strategi, beda segmen beda pula strateginya.

Apakah bisnis Anda sudah mengkatagorikan tahapan sales seperti diatas? Jika belum, lalu apa rencana dan metoda yang akan Anda lakukan?


Wallahualam
Rully Bhaskara
Certified Business Coach

---

Jika Step Sales Process atau Funneling ini Anda anggap penting bagi pertumbuhan bisnis, silahkan diskusikan bersama kami. Dan temukan bagaimana metoda Coaching efektif bagi Anda, tim dan bisnis mau berubah untuk perubahan yang lebih baik.

0 comments:

Post a Comment