Friday, June 1, 2018


Dalam dunia pengembangan Sumber Daya Manusia, kita mengenal beberapa istilah penyebutan umum seperti Trainer, Motivator, Consultant, Mentor dan Coach. Namun yang sering terjadi adalah kerancuan dalam memahami fungsi dan peranan masing-masing istilah tersebut.

Trainer biasanya kita sering temui di sesi pelatihan/training yang memiliki fungsi utama yaitu menyampaikan knowledge/ilmu secara spesifik (hard skill) kepada para peserta. Trainer biasanya tampil di depan menjadi subyek utama perhatian para peserta.

Motivator juga tampil menjadi subyek utama di depan para peserta. Namun agak berbeda fungsinya dengan Trainer, seorang Motivator memberikan sesi soft skill untuk meningkatkan motivasi dan semangat para peserta.

Consultant adalah seseorang yang expert dengan knowledge/keilmuan yang spesifik dan memiliki fungsi memberikan solusi spesifik terhadap tantangan yang dihadapi klien. Seorang consultant adalah subyek utama yang mampu menyusun strategi, melakukan perencanaan dan rencana aksi yang akan dilaksanakan oleh klien.

Mentor sering menjadi rujukan karena pengalaman dan keberhasilannya (success story) yang dimilikinya. Seorang mentor menjadi subyek utama yang akan membagikan pengalamannya sehingga bisa dicontoh oleh para mentee (klien). Dalam program Mentoring, maka line business Mentor dan Mentee haruslah sama persis. Sehingga pengalaman yang diberikan dapat langsung diterapkan oleh mentee.

Coach adalah seseorang yang dibutuhkan kehadirannya disaat coachee (klien) memiliki tantangan dalam mengeksekusi knowledge dan experience yang telah dimilikinya. Berbeda dengan trainer, motivator, consultant dan mentor, maka posisi coachee (klien) adalah sebagai subyek utama yang memiliki otoritas dalam mengambil keputusan. Sedangkan coach adalah mitra yang mendampingi coachee (klien) dalam menjalankan rencana yang diputuskannya dengan framework dan metoda yang dijalankan dalam program coaching.

Maka akan sangat ideal apabila kita memiliki kelima sosok yang memiliki fungsi berbeda tersebut diatas. Pastikan Anda paham fungsi dan peranannya, sehingga mendapatkan dampak yang optimal sebanding dengan investasi yang Anda keluarkan. Carilah profesional yang memiliki kompetensi, jam terbang dan sertifikasi dibidang serta fungsi masing-masing. Bukan sekedar profesi sambilan diwaktu senggang. 

Karena orang yang paling tahu tantangan dan pilihan solusi dalam bisnis Anda adalah Anda sendiri. Maka keputusan Andalah yang menentukan nasib dan keberlangsungan bisnis, bukan orang lain. Dan rencana yang terbaik adalah rencana yang berhasil dieksekusi dan dilakukan secara Konsisten, terKontrol, terSistemasi dan terStruktur.

---

Jika tulisan ini Anda anggap penting bagi tim dan bisnis, silahkan diskusikan bersama kami. Dan temukan bagaimana metoda Coaching efektif bagi Anda, tim dan bisnis mau berubah untuk perubahan yang lebih baik.


Hubungi Nahla Coaching Firm (NCF) hotline WA 082.111.212.272 untuk mendapatkan satu jam FREE Coaching Session untuk pertumbuhan pribadi, karir, bisnis dan perusahaan luar biasa tahun ini. 




0 comments:

Post a Comment