Tuesday, December 26, 2017

Sekali lagi saya dibuat kagum dgn kedai mie sederhana langganan kami di pasar Cibinong. 

Siang ini seperti biasa mengantar ibu negara belanja ke pasar. Menjadi ritual kami, sebelum atau sesudah belanja adalah mampir ke kedai mie langganan.

Hari ini saya melihat ownernya sibuk melayani pesanan tamu yg datang. Dengan sopan si owner menanyakan pesanan, menerima pembayaran dan membersihkan meja yang akan digunakan tamu. Meskipun ada karyawan, namun tetap si owner turun langsung. Bisa jadi sedang memberikan contoh baik layanan kepada para karyawannya. Atau memang jiwa hospitality sudah mendarah daging pada owner kedai ini, terlihat tulus tanpa dibuat-buat.

Saya baru paham apa arti bisnis hospitality setelah melihat owner kedai mie hari ini. Dimana resto/kedai kuliner termasuk bisnis hospitality.

Secara harfiah hospitality berarti keramahan. Jadi bisnis hospitality adalah bisnis yang mengutamakan keramahan. Baik kepada pembeli atau sesama karyawan/pimpinan.

Perilaku ramah apabila menjadi budaya perusahaan sangat dahsyat efeknya. Bahkan hanya karena pelayanan yang ramah, harga bukan lagi masalah. ‎Sejatinya setiap orang senang dilayani dengan ramah. 

‎Maka, sudahkah senyum, ucapan dan gesture tubuh ramah menjadi standar dan ukuran layanan di bisnis Anda? Sudahkah keramahan menjadi unggulan bisnis Anda? 

Salam Sukses Penuh Berkah
Coach Rully Bhaskara

https://facebook.com/NahlaCoaching

0 comments:

Post a Comment