Thursday, December 21, 2017

Ternyata daya beli masyarakat gak terlalu parah-parah amat jebloknya. ‎Terbukti selama 4 hari HARBOLNAS 2017 omset transaksi mencapai Rp.4,7 trilyun, luar biasa.

Suksesnya HARBOLNAS ini mungkin juga membuktikan adanya fenomena FOMO - Fear Of Mission Out telah terjadi di masyarakat Indonesia. FOMO adalah semacam mindset ketakutan akan ketinggalan mengkonsumsi sesuatu yang sedang trend. Perilaku latah konsumtif, membeli mumpung ada promo, bukan karena butuh.

Disisi lain HARBOLNAS menunjukkan juga bahwa pasar online atau e-commerce terus akan menjadi trend di tahun me‎ndatang. Diperkirakan kontribusi transaksi e-commerce pada pasar retail di Indonesia naik menjadi 2% di tahun 2018.

Jadi sebenarnya kontribusi penjualan online di pasar retail masih jauh kontribusinya dibanding pasar offline‎. Sehingga pasar offline masih sangat menjanjikan prospeknya.

Namun perkembangan dunia saat ini berubah secara eksponensial. Kontribusi e-commerce yang 1-2% bisa jadi dalam beberapa tahun akan melonjak menjadi 10-15% bahkan lebih. Lalu apa yang perlu dilakukan‎ bagi pelaku retail?

Saatnya di tahun 2018 pelaku bisnis menggunakan strategi OMNI ‎- Online Offline Marketing Integration. Menggabungkan marketing online dan offline dalam bisnis modelnya.

Artinya yang sekarang ini berbasis bisnis offline (hanya punya toko/kios) maka segeralah membuka lapak online. Sebaliknya yang selamaini bisnisnya berbasis online maka perlu membuka showcase offline. Saat ini konsumen membutuhkan experience dan dan ada faktor emosional saat membeli. Dan hal ini hanya bisa didapatkan di toko offline Anda.

Bogor Trade Mall (BTM) jeli meihat perilaku konsumen ini. Sehingga pada Rabu (20 Des 2017) kemarin BTM memutuskan bekerjasama dengan Lazada ‎menjalankan strategi OMNI ini.

Lazada memberikan lapak online khusus bagi 1000 UKM yang berada di BTM dan sebaliknya BTM memberikan penawaran khusus bagi pelapak online di Lazada untuk membuka lapak offline di BTM. Sekaligus mengkampanyekan Bulan Jualan Online Nasional - BUJONAS sepanjang Desember ini.

Bagaimana dengan bisnis Anda? Apakah Anda akan juga menjalankan strategi OMNI di tahun 2018?

‎Salam Sukses Penuh Berkah
Coach Rully Bhaskara‎

https://facebook.com/NahlaCoaching

0 comments:

Post a Comment