Saturday, December 30, 2017


Semalam saya mengadakan annual meeting bersama para coaches di sebuah restoran fine dining. Utk bisa menikmati hidangan kami harus pesan tempat dan menu sebelum datang ke restoran.

Kami pilih set menu special yg tidak ada di buku menu. Krn kabarnya resto ini punya set menu khusus yg kondang tersebar kelezatannya.

Setelah duduk di ruangan, 10-15 menit kemudian hidangan pembuka datang, terlihat sederhana spt perkedel, tapi rasanya... mantab jiwa.

Lanjut ke hidangan kedua namanya Truffle Lentils with Back Scallop and Prawn  lalu main desert dgn hidangan Poulet Balotine‎ dan ditutup dgn dessert Sabayon‎. Total ada 6 macam makanan termaruk hidangan sela kami nikmati semalam, dahsyat. True fine dining.

Lalu apa yg membuat hidangan fine dining ini begitu istimewa, selain nama makanan yg sulit diucapkan dan cita rasanya yg luar biasa?

Jawabannya adalah experience. Tepatnya mulut saya mendapatkan sensasi experience menikmati tekstur dan cita rasa‎ hidangan yg berbeda. Serta layanan dan suasana tempat yang nyaman tentunya.

Hal istimewa lainnya, setiap hidangan disajikan, salah seorang rekan coach yang juga seorang chef  menjelaskan dengan bahan dasar dan cara mengolah hidangan tsb dgn sangat detail dan penuh passion. Kami jadi paham bahan makanan yg akan kami nikmati dan bagaimana bisa tersaji dengan indah di atas piring. Walau porsinya imut.. hehe...

Terakhir sang chef yang memasak hidangan fine dining malam itu datang menghampiri kami dan menanyakan apakah kami puas dgn masakan dan pelayanan‎. Luar biasa, seakan kami menjadi menjadi tamu penting malam itu, karena chef menyajikan hidangan khusus diluar menu standar.

Insight yang saya dapatkan dari pengalaman fine dining ini adalah value yang dimiliki oleh restoran tsb tersampaikan dgn baik. Sejak mulai dari penyambutan, penyajian hidangan, pelayanan pramusaji hingga kemunculan chef merupakan rangkaian value restoran yg berusaha disampaikan kpd tamu. Dan mereka berhasil.

Terbukti, saat value tersampaikan dgn baik, maka harga bukan lagi masalah. Saat value layanan dan pengalaman menikmati cita rasa maka‎nan berhasil tersampaikan serta memuaskan tamu, maka harga menjadi terkesan murah.

Sebaliknya, apabila value tak tersampaikan dgn baik, maka harga makanan 50ribu pun terkesan mahal‎.

‎Lalu, sudahkah value bisnis Anda tersampaikan dgn baik kpd pelanggan melalui produk dan layanan yg ditawarkan?

Sdhkah tim bisnis Anda paham atas value bisnis dan bgmn cara menyampaikannya kpd pelanggan dgn benar?

Salam Sukses Penuh Berkah
Coach Rully Bhaskara

0 comments:

Post a Comment