Wednesday, December 20, 2017

Berhubung banyak yang japri penasaran karena tulisan saya sebelumnya yang "nanggung" dan daripada Anda jadi gak enak tidur gak enak makan, he.he.. berikut saya berikan tulisan kelanjutannya.

Sebelumnya saya sampaikan "...jangan datang dan ikut Seminar, Training dan Workshop (STW) sebelum memiliki metoda agar mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat.."

Salah satu metoda yang cukup efisien adalah WOOP – Wish Outcome Obstacle Plan yang diambil dari cuplikan buku best seller "Rethinking Posiive Thinking" karya seorang psikolog terkenal Gabriele Oettingen.

Kita bahas singkat WOOP satu persatu ya..

Wish (Harapan)
Sebelum atau sesudah kita mengikuti sesi STW awali dengan suatu harapan besar. Tentukan apa harapan Anda yang ingin dicapai dengan materi yang akan/sudah didapat di sesi STW. Harapan adalah sesuai hal yang besar, luas, jauh dan bisa saja hampir mustahil. Namun dengan memiliki harapan yang jelas dan mantab akan menjadikan motivasi seseorang terus terbangun dan terjaga. Maka milikilah harapan akan sesuatu yang luar biasa bukan ecek-ecek.

Outcome (Tujuan/Hasil)
Setelah memiliki Harapan, maka selanjutnya tentukan Tujuan/Hasil yang ingin dicapai dengan bantuan materi yang akan/telah diterima dalam sesi STW. Tujuan/Hasil adalah sesuai yang nyata, spesifik, terukur, dapat dicapai secara bertahap, relevan dan ada batasan waktu. Tujuan/Hasil yang jelas diperlukan agar langkah yang akan Anda ambil memiliki tahapan/milestone yang jelas gak ngawur.

Obstacle (Hambatan)
Kenali hambatan atau kelemahan dari diri/bisnis yang perlu diperbaiki segera. Mampu mengenali hambatan juga memerlukan kemauan untuk mengakuinya dengan ikhlas. Mengakui kelemahan/hambatan diri adalah suatu langkah besar dalam tahapan proses sukses. Bangkit, perbaiki, lakukan dengan konsisten dan nikmati prosesnya.

Plan (Rencana)
Kita tidak pernah merencanakan untuk gagal, namun seringkali gagal merencanakan. Maka setelah menentukan Wish, Outcome dan memahami Obstable, maka langkah berikutnya adalah Plan. Susunlah rencana aksi berdasarkan strategi yang mengacu kepada visi misi dan value bisnis Anda. Ingat, bukan sekedar Plan, tapi action plan dan action steps. Pada akhirnya serahkan hasil dengan tetap tawakal berdoa kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT.  

Semoga ilmu yang didapat dari sesi STW sekarang/kelak dapat Anda aplikasikan pada diri pribadi, team dan bisnis Anda, Insya Allah.

Jadi kini saatnya miliki WOOP Dulu Baru Jalan.

Wallahualam
Salam Sukses Penuh Berkah
Coach Rully Bhaskara

0 comments:

Post a Comment